Dampak Komersialisasi Pendidikan Tinggi di Masyarakat Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.991Keywords:
Dampak, Komersialialisasi, MasyarakatAbstract
Pendidikan berpengaruh terhadap kehidupan suatu bangsa. Pendidikan di saat ini telah terjebak dalam arus kapitalisasi atau komersialisasi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bentuk komersialisasi pendidikan di Indonesia, 2) mengetahui dampak komersialisasi pendidikan terhadap masyarakat di Lombok Timur. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, pendekatan penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi dengan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Bentuk komersialisasi pendidikan yang terjadi yaitu mahalnya biaya pendidikan, banyaknya pungutan-pungutan lembaga pendidikan dan perdagangan di dunia pendidikan. 2) dampak adanya komersialisasi pendidikan bagi masyarakat Lombok Timur.
Downloads
References
Abdussamad, Zuchri. 2022. Buku Metode Penelitian Kualitatif. OSF Preprints.
Adam, Adam, dan Muryanto Lanontji. 2021. “Kebijakan Otonomi Perguruan Tinggi sebagai Dampak Reformasi Keuangan dalam Bidang Pendidikan di Indonesia.” Journal of Education and Teaching (JET) 2(1): 52–71.
Amelia, Chairunnisa. 2019. “Problematika pendidikan di Indonesia.”
Bakar, M Yunus Abu. 2015. “Problematika Pendidikan Islam di Indonesia.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 1(1): 99–123.
Fellang, Iskandar. 2022. “Liberalisasi Dan Komersialisasi Pendidikan.” Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman 3(1): 13–26.
Kahar, Irawaty A. 2007. “Komersialisasi Pendidikan di Indonesia: Suatu Tinjauan dariAspek Politik, Ekonomi, Sosial, dan Budaya.” Jurnal Historisme Edisi Nomor 23: 50–51.
Musayyidi, Musayyidi. 2020. “Menyoal komersialisasi pendidikan di Indonesia.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman 8(1): 125–40.
Naila, Sefhia, dan Anne Effane. 2022. “Desentralisasi Manajemen Pembiayaan Dan Konflik Dalam Mahalnya Biaya Pendidikan.” KARIMAH TAUHID 1(1): 84–89.
Nur, Askar. 2022. “Kapitalisme Pendidikan dan Reinventing Paradigma Pendidikan Indonesia: Sebuah Tinjauan Antropologi Pendidikan.” Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 3(1): 69–84.
Primadata, Ankarlina Pandu, dan Dwi Kasi Kusumawati. 2014. “Modernisasi pendidikan di Indonesia sebuah perspektif sosiologis terhadap dunia pendidikan di Indonesia.” Jurnal Analisa Sosiologi 3(1).
Rustiawan, Hafid. 2015. “KOMERSIALISASI PENDIDIKAN: Analisis Pembiayaan Pendidikan.” Tazkiya 16(01): 44–63.
Sanusi, Achmad. 2023a. Pendidikan untuk Kearifan: Mempertimbangkan kembali sistem nilai, belajar dan kecerdasan. Nuansa Cendekia.
———. 2023b. Sistem nilai: Alternatif wajah-wajah pendidikan. Nuansa Cendekia.
Sugiyono, Dr. 2010. “Memahami penelitian kualitatif.”
Wahyudi, Imam. 2015. “Komersialisasi Pendidikan Tinggi di Indonesia.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 8(1): 49–70.
Zainuddin, Zainuddin, dan M Rozali. 2022. 10 Al-Kaffah: Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman KOMERSIALISASI PENDIDIKAN DI INDONESIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Habibirrahman, Abdul Fattah, Mustain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.