Pembelajaran Tematik (Metodologi dalam Islam)

Authors

  • Sinta Bella Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1127

Keywords:

Metodologi dalam Islam, Pembelajaran temati

Abstract

Artikel ini mengulas konsep pembelajaran tematik sebagai metodologi dalam Islam. Rumusan masalah penelitian mencakup konsep pembelajaran tematik dalam Islam dan alasan penggunaannya untuk anak usia dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pembelajaran tematik dalam Islam didasarkan pada QS. 2: 129 dan QS. 2: 151, mengintegrasikan tilawah (keterampilan), ta’lim (ilmu), dan tazkiyah (attitude, karakter, integritas). Pembelajaran tematik cocok untuk anak usia dasar karena bersifat kontekstual dan fungsional, berasal dari konsep ilmu dalam Islam (wahdah al-‘Ulum), dan mendukung pengembangan bakat, minat, dan potensi anak didik.
Abstrak
This article reviews the concept of thematic learning as a methodology in Islam. The research problem formulation includes the concept of thematic learning in Islam and the reasons for its use for elementary age children. This research uses a qualitative approach through literature study. The research results show that the concept of thematic learning in Islam is based on QS. 2: 129 and QS. 2: 151, integrating recitations (skills), ta'lim (knowledge), and tazkiyah (attitude, character, integrity). Thematic learning is suitable for elementary age children because it is contextual and functional, comes from the concept of knowledge in Islam (wahdah al-'Ulum), and supports the development of students' talents, interests and potential.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asingkily, M. S, &Rangkuti, M. (2020). Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid-19), TAZKIY, 9(2).

Departemen Pendidikan Nasional 2006, Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar, Jakarta: Depidiknas

Hendriyani, Mila , (2016) Alam adalah Sekolah dan Bermain adalah Proses Belajar. Vol.2, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Karman, K. (2018). Kontribusi Al-Qur’an Dalam Mengembangkan Pembelajaran Aktif (Active Learning) di Lembaga Pendidikan, Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, .3 (2)

Majid, Abdul, Pembelajaran Tematik Terpadu, Bandung: PT, Remaja Rosdakarya

Maulana Arafat Lubis (2020), Pembelajaran Tematik SD/MI, PENERBIT Jakarta Kencana

Muhammad Shaleh Assingkily, (2019), Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dasar (Metodologi Dalam Islam), Vol: IX, Jurnal Nizhamiyah

Mukhlis, Mohamad , (2012), pembelajaran tematik, dalam fenomena: Jurnal Penelitian 4(1)

Mukhlis, Mohamad, pembelajaran tematik, dalam fenomena: Jurnal Penelitian 4(1), 2012:63-76

Retno Widyaningrum, (2013) “Model Pembelajaran Tematik dan Bermakna dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom, Jurnal Pendidikan dan Kemasyarakatan, Vol.2

Santosa, Sedya, (2021), Pembelajaran Tematik Metodologi Dalam Islam, Vol.10, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Suhelli, (2018), Strategi Guru Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Tematik Pada MIN di Kota Banda Aceh, Jurnal Pendidikan, Vol.7

Widyaningrum, Retno, (2013). “Model Pembelajaran Tematik dan Bermakna dalam Perspektif Revisi Taksonomi Bloom, Cendikia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan 10 (1)

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Sinta Bella, and Sedya Santosa. 2024. “Pembelajaran Tematik (Metodologi Dalam Islam)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1185-93. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1127.

Issue

Section

Articles