Relevansi Kurikulum Pendidikan Islam dan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Havifa Nurhijatina UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Zulhijrah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sedya Santosa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1112

Keywords:

Kurikulum Pendidikan Islam, Kurikulum Merdeka, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi antara kurikulum pendidikan Islam dan Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Fokus penelitian melibatkan pemahaman integrasi nilai-nilai keislaman dengan nilai-nilai kebangsaan dalam upaya pengembangan karakter siswa. Melalui model pendekatan library research, dan analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya relevansi antara kurikulum Pendidikan islam dan kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah. Pentingnya pengembangan karakter dan moral siswa menjadi fokus utama, dan penelitian ini menyajikan rekomendasi terkait bagaimana implementasi kedua kurikulum dapat ditingkatkan untuk mencapai tujuan tersebut. Temuan ini memiliki implikasi untuk perbaikan kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah agar lebih sesuai dengan nilai-nilai Islam dan semangat kebangsaan Indonesia yang terkandung dalam Kurikulum Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlani, N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Penerapan Kurikulum Muatan Lokal Gayo di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Aceh Tengah. At-Tullab, 6(July), 1–23.

Anwar, Z., & Jannah, R. (2023). Zainul Anwar, Raudlatul Jannah / Telaah Kurikulum 13 dan Kurikulum Merdeka di SD/MI 151. 1(3), 151–162.

Badriah, L. (2015). Kurikulum Pendidikan Islam Masa Klasik Laelatul Badriah. Literasi, VI(2), 155–176.

Drajat, M. (2020). Re-Orientasi Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2 SE-), 172–185. https://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/130

Falaq, Y. (2022). Penguatan Pendidikan Karakterr Dalam Skema Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(8.5.2017), 2003–2005.

Fathurrahman, F., & Azizah, N. (2022). Implementasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Ibtidaiyah Faradisal Jannah Baureno. Kuttab, 6(1), 120. https://doi.org/10.30736/ktb.v6i1.802

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan , 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Iqbal, M., & Junaidah, E. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Karakter Islam Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Tarqiyatuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 133–139. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v1i2.286

Islami, N., & Sumadi. (2018). Pengembangan Kurikulum Terpadu Pendidikan Agama Islam Sistem Full Day School. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1).

Listiani, E. F., Aisha, Putri Anafi rahma, A. S., & Syunu, T. (2023). Vol. 7 No. 2 (2023). Pancar : Pendidikan Anak Pintar Dan Cerdas, 7(2), 314–325.

Marzuki, M. B. (2008). Falsafah Kurikulum Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Hunafa, 5(1), 23–26.

Nurfadila, H., & Nurjanah, S. (2022). Himmatin Nurfadila & Siti Nurjanah. MASALIQ : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 167–184.

Sholikin, & Prasetyo, A. (2023). PELAJAR PANCASILA PADA MADRASAH IBTIDAIYAH Sholikin UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Arif Prasetyo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1941–1950. https://doi.org/10.35931/am.v7i4.2752

Ummami, N. N., & Santosa, S. (2021). Relevansi Pendidikan Karakter Menurut Serat Sana Sunu Dengan Materi Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Bagi Siwa Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 4(1), 75–93. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i1.871

Yunandra. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah | Diversifikasi Madrasah. Februari 16, 11(1), 33–44. https://yunandra.com/implementasi-kurikulum-merdeka-di-madrasah/

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Havifa Nurhijatina, Zulhijrah, and Sedya Santosa. 2024. “Relevansi Kurikulum Pendidikan Islam Dan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1171-78. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1112.

Issue

Section

Articles