Implementasi Nilai-Nilai Akhlak dalam Pendidikan Islam Perspektif Tokoh Tasawuf Jalaluddin Rumi (Studi Pustaka Buku Fihi Ma Fihi)

Authors

  • Yuha Ilaiya IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Hana Ni’matul Izzah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Andika IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Kambali Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1198

Keywords:

Akhlak, Pendidikan Islam , Jalaluddin Rumi

Abstract

Persoalan akhlak menjadi pokok bahasan yang mungkin tidak ada habisnya dalam dunia pendidikan pada umumnya, jika mengacu pada tujuan pendidikan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II Pasal 3, seyogianya pendidikan Islam mampu menjadi kunci utama dalam keberhasilan pendidikan di Indonesia. Karena tujuan akhir dari pendidikan Islam adalah terbentuknya peserta didik yang berakhlak mulia (manusia yang berkarakter). Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi dan mengimplementasikannya dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian library research. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Fihi Ma Fihi karya Jalaluddin Rumi, dan beberapa buku/jurnal terkait, sebagai sumber data sekundernya. Berikut nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam buku Fihi Ma Fihi berdasar pada hasil analisa penulis, di mana seorang pendidik berperan dalam membiasakan peserta didiknya untuk; 1) Niat karena Allah, 2) Memilih teman dalam berkawan, 3) Kesungguhan hati (ketekunan) dalam belajar dan beribadah, 4) Bersikap rendah hati, 5) Menjadi suri teladan bagi murid, 6) Bersikap Zuhud, 7) Bersikap sabar dan istiqomah, 8) Pandai bersyukur, 9) Berkata baik, dan 10) Percaya diri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kadir, A. (2015). Kedudukan Niat Dalam Ibadah. Institutional Repository, 4, 23–40.

Akmal. (2018). Konsep Syukur (Gratefulnes) Kajian Empiris Makna Syukur Bagi Guru Pon-pes Daarunnahdhah Thawalib Bangkinang Seberang Kampar, Riau. Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 7(2), 1–22.

Ali, M. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Jalaluddin Rumi (Analisis Buku Fihi Ma Fihi serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam). Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 279–291.

Darussalam. (2019). Etika Berkomunikasi Perspektif Hadis (Dalam Kutub at-Tis’ah). Diroyah: Jurnal Ilmu Hadis, 4(1), 100–107.

Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan Library Research (I. Vidyafi (ed.); Ke-1). Rajawali Pers.

Hasny, A. R. (2019). Analisis Nilai-nilai kecerdasan Spiritual dalam Buku FIhi Ma Fihi. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 13, 58.

Kurniawan, Y. (2018). Peran teman sebaya dalam pembentukan karakter siswa Madrasah Tsanawiyah. Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(2), 149–163. https://doi.org/10.21831/socia.v15i2.22674

Mahfud. (2016). Akhlak Tasawuf (M. & Yulia (ed.); Ed. 1, Cet). Al-Tarbiyah Press.

Makhromi. (2014). Istiqomah dalam Belajar (Studi atas Kitab Ta’lim Wa Muta’allim). Jurnal Pemikiran Keislaman, 25(1), 163–176. https://doi.org/10.33367/tribakti.v25i1.166

Muslimin, E. (2021). Konsep dan Metode Uswatun Hasanah Dalam Perkembangan Pengelolaan Pendidikan Islam Di Indonesia. Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 71–87.

Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. Al-Irsyad, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935

Rizki, A., Anjani, A. (2023). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kitab Fihi Ma Fihi dan Matsnawi Karya Jalaluddin Rumi. Ta’dibuna, 12(1), 1–18. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v12i1.8833

Rumi, J. (2019). Fihi Ma Fihi Mengarungi Samudera Kebijaksanaan (A. Latif (ed.)). Forum.

Suhayib. (2016). Studi Akhlak (Nurcahaya (ed.); Ke-1). Kalimedia.

Sukino. (2018). Konsep Sabar dalam Al-Quran dan Kontekstualisasinya dalam Tujuan Hidup Manusia Melalui Pendidikan (The Concept of Patient in Al-Quran and Kontekstualisasinya in Purpose Human Life Through Education ). Ruhama, 1(1), 66.

Tiaranita, Y. (2018). Religiositas, Kecerdasaan Emosi, dan Tawadhu pada Mahasiswa Pascasarjana. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(2), 182. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i2.1175

Umami, I. U. (2022). Nilai-Nilai Kerja Keras (Kreatif, Rajin, Ulet, Teliti, Tekun, Komitmen, Disiplin Dan Berilmu) Dan Cinta Tanah Air Dalam Islam. Jurnal El-Hikam: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, XV(1), 108–129.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Yuha Ilaiya, Hana Ni’matul Izzah, Andika, and Kambali. 2024. “Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pendidikan Islam Perspektif Tokoh Tasawuf Jalaluddin Rumi (Studi Pustaka Buku Fihi Ma Fihi)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1734-45. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1198.

Issue

Section

Articles