Studi Islam dalam Pendekatan Toleransi dan Kebebasan
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1226Keywords:
Studi Islam, Toleransi, KebebasanAbstract
Toleransi dan kebebasan beragama merupakan nilai-nilai fundamental yang harus dijunjung tinggi oleh semua umat beragama. Toleransi adalah sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan, termasuk perbedaan agama. Kebebasan beragama adalah hak setiap orang untuk memeluk agama dan menjalankan ajaran agamanya sesuai dengan keyakinannya. Namun, dalam praktiknya, toleransi dan kebebasan beragama masih sering mengalami tantangan. Hal ini dapat dilihat dari maraknya aksi-aksi kekerasan antarumat beragama, serta meningkatnya intoleransi dan radikalisme keagamaan. Oleh karena itu, studi Islam dalam pendekatan toleransi dan kebebasan menjadi penting untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan memahami ajaran Islam tentang toleransi dan kebebasan beragama, serta mengkaji penerapannya dalam kehidupan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif dengan jenis penelitian library research. Studi Islam dalam pendekatan toleransi dan kebebasan dapat memberikan manfaat diantaranya membantu meningkatkan pemahaman umat Islam tentang ajaran Islam tentang toleransi dan kebebasan beragama; memperkuat komitmen umat Islam untuk menjunjung tinggi toleransi dan kebebasan beragama; menciptakan iklim yang kondusif bagi kerukunan dan kedamaian antarumat beragama. Studi Islam dalam pendekatan toleransi dan kebebasan merupakan upaya penting untuk mewujudkan kerukunan dan kedamaian antarumat beragama di Indonesia.
Downloads
References
Akbar, M. (2022). Aktualisasi Moderasi Beragama dalam Membina Kepribadian Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palopo. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Alamsyah, F. N. (2021). Perbandingan Hukum Islam dan Hukum Positif Terhadap Hak Kebebasan Beragama. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab dan Hukum.
Andi, S. (2022). Moderasi Beragama Perspektif KH. Hasyim Muzadi dan Relevansinya dalam Pendidikan Agama Islam. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
Arif, K. M. (2020). Moderasi Islam (Wasathiyah Islam) Perspektif Al-Qur’an, As-Sunnah Serta Pandangan Para Ulama dan Fuqaha. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 11(1), 22–43.
Armayanto, H., Dzulhadi, Q. N., & Ulfa, M. (2023). Between Freedom of Religion and Apostasy in Islam: Analysis of Surah Al-Baqarah Verse 256: Antara Kebebasan Beragama dan Murtad dalam Islam: Analisis terhadap Surah Al-Baqarah Ayat 256. Journal of Islamic and Occidental Studies, 1(1), 113–135.
Chaer, M. T. (2016). Pendidikan Inklusif dan Multikultur dalam Perspektif Hadis Nabi Saw. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 209–230.
Ghazali, A. M. (2017). Teologi Kerukunan Beragama dalam Islam (Studi Kasus Kerukunan Beragama di Indonesia). Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 13(2), 271–292.
Al-Ghazali. 2014. Minhajul Abidin. Jakarta: Darul Kutub Al-Islamiyah.
Hakiki, H. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Toleransi Beragama Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Journal of Educational Research, 2(1), 189–204.
Haris, A. (2023). Perspektif Al-QurAn Tentang Pemikiran Pluralisme Agama Nurcholish Madjid. Institut PTIQ Jakarta.
Ifkar, M. (2023). Toleransi Beragama Menurut Maftuh Basyuni. UIN Ar-raniry Banda Aceh.
Iman, S. B., & Masykur, A. (2022). Konsep Kebebasan Beragama dan Implementasinya dalam Dakwah Islam. El Madani: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi Islam, 3(01), 53–71.
Kaaffah, S., Fajrussalam, H., Rahmania, A., Ningsih, J., Rhamadan, M. K., & Mulyanti, P. (2022). Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Agama Di Lingkungan Multikultural Kepada Anak Sesuai Ajaran Agama Islam. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 289–314.
Mukhibat, M., Istiqomah, A. N., & Hidayah, N. (2023). Pendidikan Moderasi Beragama di Indonesia (Wacana dan Kebijakan). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(1), 73–88.
Muthmainnah, M. (2021). Konsep Toleransi Beragama Dalam Al-Quran Perspektif Buya Hamka Dan Thoifur Ali Wafa. Bayan lin-Naas: Jurnal Dakwah Islam, 5(1), 1–20.
Parinduri, A., & Pujiati, P. (2023). Politik Identitas Agama sebagai Tantangan Pelaksanaan Pesta Demokrasi di Indonesia Tahun 2024: Studi Kasus Pilkada DKI Jakarta 2017 & Pilpres 2019. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(2), 476–484.
Puji, L. (2022). Manajemen Media Sosial Dalam Mengembangkan Industri Halal Fashion (Studi Kasus Pada Azamka Faidh, Karangklesem, Kutasari, Purbalingga). UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
RKT, L. H. (2019). Penanaman Nilai Karakter Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Minhajul Abidin. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Saihu, M. (2022). Moderasi Pendidikan: Sebuah Sarana Membumikan Toleransi dalam Dunia Pendidikan. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(02), 629–648.
Sihombing, R. M. (2023). Partisipasi Masyarakat dalam Mewujudkan Kerukunan Umat Beragama Melalui MUB di Kecamatan Pondok Melati 2018-2021. Universitas Kristen Indonesia.
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Zakiyyah, A. A. (2022). Hadis-Hadis tentang Toleransi Beragama dalam Pemahaman dan Pengamalan Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2(3), 615–629.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rijaludin Ali Mahmud, Hamdi Arif Rahman, Kambali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.