Pokok Akidah Islam Iman Kepada Hari Akhir menurut Imam Ibnu Abil Izz al-Hanafi dalam Kitab Al-Minhah al-Ilahiyah Fi Tahdzib Syarh ath-Thahawiyah

Authors

  • Ayyu Zahara Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Sastra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1222

Keywords:

Akidah, iman kepada hari akhir, , ImIbnu Abil Izz al-Hanafi, Al-Minhah al-Ilahiyah Fi Tahdzib Syarah ath-Thahawiyah

Abstract

Akidah merupakan sejumlah kebenaran yang dapat diterima secara mudah oleh manusia berdasarkan akal, wahyu, (yang didengar) dan fitrah. Iman kepada hari akhir merupakan masalah yang paling berat dari segala macam permasalahan akidah. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini adalah  metode  kualitatif  dengan  pendekatan  study  pustaka  (library  research).  Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis), deskriptif dan induktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok akidah islam iman kepada hari akhir menurut Imam Ibnu Abil Izz al-Hanafi dalam kitabnya Al-Minhah al-Ilahiyah Fi Tahdzib Syarah ath-Thahawiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Kitabnya yang berjudul Al-Minhah al-Ilahiyah Fi Tahdzib Syarah ath-Thahawiyah, Imam Ibnu Abil Izz al-Hanafi membahas mengenai perkara-perkara akidah dengan tujuh bab pembahasan yaitu: Bab Iman Kepada Allah, Bab Iman Kepada Malaikat, Bab Iman Kepada Kitab-kitab yang Diturunkan Kepada Para Rasul, Bab Iman Kepada Rasul, Bab Iman Kepada Hari Akhir, Bab Iman Kepada Takdir, serta Bab Masalah-Masalah Beragam. Pada Bab Iman Kepada Hari Akhir, Imam Ibnu Abil Izz al-Hanafi membagi menjadi 8 pasal, yaitu: pasal mengenai ruh dan hakikatnya, pasal mengenai nikmat dan azab kubur, pasal mengenai amalan orang hidup yang bermanfaat bagi orang yang tela meninggal dunia, pasal mengenai tanda-tanda hari kiamat, pasal mengenai kebangkitan dan pembalasan, pasal mengenai surge dan neraka sudah ada dan keduanya abadi, pasal mengenai ru’yah (melihat Allah di surga), dan pasal mengenai syafa’at.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, W. A. W., Abidin, A. F. M. Z., & Mohamed, Y. (2018). Analisis Gambaran Tentang Hari Kiamat Dalam Juzuk Amma. Journal of Fatwa Management and Research.

Andriyani, E. (2020). Pengamalan Akidah Islam Dalam Pergaulan Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Al-Hanafi, Imam Ibnu .A.I. (2015). Al-Minhah al-Ilahiyah Fi Tahdzib Syarah ath-Thahawiyah. Jakarta: Darul Haq

Al-Jazairi, Abu Bakar. (2000). Kitab Aqidah al-Mukmin: yang dinukil oleh Tim Depag RI, Pendidikan Agama Islam

GUSTIANSYAH, A. (2021). NILAI-NILAI AQIDAH DALAM SURAH AL-QÂRI’AH (Kajian Tafsir Tematik Surah) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

HANIFATUS, S. (2022). MATERI AKIDAH DALAM KITAB AQIDATUL AWAM KARYA SYEKH AHMAD AL-MARZUQI AL-MALIKI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Hilyah, A. (2021). Mudah Belajar Aqidah Islam. GUEPEDIA.

Nur, A. (2015). Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran;(Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafasir). Jurnal An-Nur, 4(2).

Supriatna, U., & Rahayu, P. (2021). Hubungan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku siswa. Journal of

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Ayyu Zahara, Ahmad Sastra, and Nesia Andriana. 2024. “Pokok Akidah Islam Iman Kepada Hari Akhir Menurut Imam Ibnu Abil Izz Al-Hanafi Dalam Kitab Al-Minhah Al-Ilahiyah Fi Tahdzib Syarh Ath-Thahawiyah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1242-54. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1222.

Issue

Section

Articles