Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Akhlak Pemuda dalam Perspektif Hijrah Rasulullah SAW

Authors

  • Heriyanto Slamet Magister UIKA Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Nesia Andriana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Sastra Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ahmad Alim Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.404

Keywords:

Perencanaan, Pendidikan Akhlak, Hijrah.

Abstract

Sebuah perencanaan menempati tempat penting dalam sebuah lembaga atau institusi dalam menentukan gerak awal lembaga tersebut. Rencana adalah kegiatan di mana tujuan ditetapkan dan penggunaan sumber daya dirumuskan dan diatur. Pendidikan merupakan pekerjaan yang dilakukan pendidik terhadap murid yang membutuhkan   proses panjang. Oleh sebab itu pendidikan seharusnya punya landasan yang kokoh dan prinsip-prinsip yang tegak untuk memperkuat pondasi tersebut. Sebuah lembaga pendidikan, khususnya dalam pendidikan Islam, merupakan sarana untuk menjadikan manusia yang berakhlak. Proses pendidikan membutuhkan perencanaan yang tepat untuk mensuport jalur pendidikan ke depan. Rencana juga harus didukung oleh landasan dan prinsip yang kuat yang dapat memperkuat pondasi pendidikan. Prinsip perencanaan pendidikan yang komprehensif dan kerjasama yang kuat antar semua unsur pendidikan memudahkan perjalanan proses pendidikan ke depan untuk mencapai tujuan pendidikan. Peristiwa hijrahnya Nabi memiliki implikasi yang sangat mendalam bagi pendidikan akhlak. Di dalamnya terkandung ajaran bahwa umat manusia harus selalu membela kehormatan umat Islam, mempererat silaturrahmi sesama umat Islam.  Baginda Rasul dituntun  wahyu dalam  langkahnya,  juga membutuhkan  rencana matang untuk keberhasilan yang dicita-citakannya. Rencana-rencana yang diterapkan baginda Rasul dapat dilihat dalam sejarah Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifuddin. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandunng : Pustaka Setia.

Afifuddin. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Faruqi, I. A. (1994). Hakikat hijrah: Strategi Dakwah Membangun Tatanan Dunia Baru. Bandung: Mizan.

Hajriansyah. (2017). Akhlak terpuji yang tercela. Nalar, 24. doi:https://doi.org/10.23971/njppi.v1i1.899

Hamid, B. A. (2010). Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Ma'luf, L. (2009). Kamus Al Munjid. Beirut: Al Maktabah Al Katulikiyah.

Maskawaih, I. (1985). Tahdzib Al Akhlal Fii At Tarbiyah. Beirut: Dar Alkutub Al Ilmiyah.

Maturidi. (2016). Prinsip Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam. Al Mabsut, 12. doi:https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.119

Maturidi. (2016). Prinsip Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam. Al Mabsut, 14. doi:https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.119

Mujahidin, N. d. (2021). Landasan dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah, 109. doi:10.32832/ijtmie.v2i2.4596

Mz, I. (2018). Peran konsep diri terhadap kedisiplinan siswa. Nalar, 2. doi:https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915

Ritonga, A. A. (2013). Tafsir Tarbawi. Bandung: Pustaka Media.

sari, B. (2021). Pembinaan Akhlak pada anak remaja. Surakarta: Guepedia.

Suryani, I. (2022). Aplikasi Akhlak Manusia terhadap Dirinya, Allah, Rasulullah. Jurnal pendidikan tambusai.

Published

2023-03-26

How to Cite

Heriyanto Slamet, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, Ahmad Sastra, and Ahmad Alim. 2023. “Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Akhlak Pemuda Dalam Perspektif Hijrah Rasulullah SAW”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):126-38. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.404.

Issue

Section

Articles