Prinsip-Prinsip Perencanaan Pendidikan Akhlak Pemuda dalam Perspektif Hijrah Rasulullah SAW
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.404Keywords:
Perencanaan, Pendidikan Akhlak, Hijrah.Abstract
Sebuah perencanaan menempati tempat penting dalam sebuah lembaga atau institusi dalam menentukan gerak awal lembaga tersebut. Rencana adalah kegiatan di mana tujuan ditetapkan dan penggunaan sumber daya dirumuskan dan diatur. Pendidikan merupakan pekerjaan yang dilakukan pendidik terhadap murid yang membutuhkan proses panjang. Oleh sebab itu pendidikan seharusnya punya landasan yang kokoh dan prinsip-prinsip yang tegak untuk memperkuat pondasi tersebut. Sebuah lembaga pendidikan, khususnya dalam pendidikan Islam, merupakan sarana untuk menjadikan manusia yang berakhlak. Proses pendidikan membutuhkan perencanaan yang tepat untuk mensuport jalur pendidikan ke depan. Rencana juga harus didukung oleh landasan dan prinsip yang kuat yang dapat memperkuat pondasi pendidikan. Prinsip perencanaan pendidikan yang komprehensif dan kerjasama yang kuat antar semua unsur pendidikan memudahkan perjalanan proses pendidikan ke depan untuk mencapai tujuan pendidikan. Peristiwa hijrahnya Nabi memiliki implikasi yang sangat mendalam bagi pendidikan akhlak. Di dalamnya terkandung ajaran bahwa umat manusia harus selalu membela kehormatan umat Islam, mempererat silaturrahmi sesama umat Islam. Baginda Rasul dituntun wahyu dalam langkahnya, juga membutuhkan rencana matang untuk keberhasilan yang dicita-citakannya. Rencana-rencana yang diterapkan baginda Rasul dapat dilihat dalam sejarah Islam.
Downloads
References
Afifuddin. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandunng : Pustaka Setia.
Afifuddin. (2011). Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Faruqi, I. A. (1994). Hakikat hijrah: Strategi Dakwah Membangun Tatanan Dunia Baru. Bandung: Mizan.
Hajriansyah. (2017). Akhlak terpuji yang tercela. Nalar, 24. doi:https://doi.org/10.23971/njppi.v1i1.899
Hamid, B. A. (2010). Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Ma'luf, L. (2009). Kamus Al Munjid. Beirut: Al Maktabah Al Katulikiyah.
Maskawaih, I. (1985). Tahdzib Al Akhlal Fii At Tarbiyah. Beirut: Dar Alkutub Al Ilmiyah.
Maturidi. (2016). Prinsip Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam. Al Mabsut, 12. doi:https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.119
Maturidi. (2016). Prinsip Perencanaan Manajemen Pendidikan Islam. Al Mabsut, 14. doi:https://doi.org/10.56997/almabsut.v10i1.119
Mujahidin, N. d. (2021). Landasan dan Prinsip Perencanaan Pendidikan Islam. Idarah Tarbawiyah, 109. doi:10.32832/ijtmie.v2i2.4596
Mz, I. (2018). Peran konsep diri terhadap kedisiplinan siswa. Nalar, 2. doi:https://doi.org/10.23971/njppi.v2i1.915
Ritonga, A. A. (2013). Tafsir Tarbawi. Bandung: Pustaka Media.
sari, B. (2021). Pembinaan Akhlak pada anak remaja. Surakarta: Guepedia.
Suryani, I. (2022). Aplikasi Akhlak Manusia terhadap Dirinya, Allah, Rasulullah. Jurnal pendidikan tambusai.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Heriyanto Slamet, Endin Mujahidin, Nesia Andriana, Ahmad Sastra, Ahmad Alim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.