Bimbingan Mental Spiritual Pada Remaja Binaan di Satuan Pelayanan Rehabilitasi Sosial Bina Mandiri Cirebon

Authors

  • Naelul Muna Universitas Wiralodra Indramayu
  • Nada Musfikin Muslimin Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1361

Keywords:

Bimbingan Mental Spiritual, Remaja Binaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan layanan bimbingan mental spiritual pada remaja binaan di SatPel Rehabilitasi Sosial Bina Mandiri Cirebon, yang mana latar belakang remaja binaan ini adalah remaja yang rentan turun ke jalanan. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan naratif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengaturan data secara logis dan sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bimbingan mental spiritual dilakukan pada dua tahap yaitu bimbingan mental dan bimbingan spiritual dengan metode bil-hikmah, bil-mauidzah hasanah, demonstrasi dan pembiasaan praktik ibadah. Dampak yang dirasakan remaja binaan yaitu terdapat perubahan secara internal dan ekternal pribadi remaja binaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed Al Khalidi. 2021. Penerapan Metode Dakwah Mauidzah Al-Khasanah Terhadap Pembinaan Remaja Gampong Uteun Geulinggang Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal An-Nasyr: Jurnal Dakwah dalam Mata Tinta. Vol. 8, No. 2. Hlm. 123-134.

Azizah, Nur, dkk. 2020. Bimbingan Mental Spiritual di Balai Rehabilitasi Bagi Korban Penyalahgunaan Narkoba. Banyumas: CV. Rizquna.

Ermis Suryana, dkk. 2022. ‘Perkembangan Remaja Awal, Menengah dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)’. Vol. 8, No. 3. Hlm. 1917-1928.

Hamzah B. Uno. 2021. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ikmawati, 2022, Buku Pegangan Perkembangan Peserta Didik, Samarinda: ;Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Hlm. 88.

Kartini. 2023. Metode Hikmah dalam Berdakwah (Study Tafsir Surat An-Nahlu Ayat 125). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin. Vol. 1, No. 3. Hlm. 124-130.

Kusumastuti, Adhi & Khairon, A M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Nasution, Abdul Fattah. 2023. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harva Creative.

Ririn Desiani Ridwan & Jaja Suteja, 2020, “Proses Layanan Rehabilitasi Sosial dalam Memberikan Bimbingan Karier pada Klien Binaan di Balai Rehabilitasi Sosial Bina Mandiri Palimanan Cirebon”, Prophetic: Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, Vol. 3, No. 2, hlm. 167-176.

Sari, Ifit Novita, dkk. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Unisma Press.

Sukardi, DK & Kusmawati, Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah: untuk Memeroleh Angka Kredit. Jakarta :Rineka Cipta.

Widianingsih, Nunung. dkk. 2021. Model Inspiratif Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemendikbudristek, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Naelul Muna, Nada Musfikin Muslimin, and Didik Himmawan. 2024. “Bimbingan Mental Spiritual Pada Remaja Binaan Di Satuan Pelayanan Rehabilitasi Sosial Bina Mandiri Cirebon”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):575-83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1361.

Issue

Section

Articles