Pelaksanaan Instrumen Non Tes Dalam Bimbingan Dan Konseling (Penelitian Di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu)

Authors

  • Evi Aeni Rufaedah Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Didik Himmawan Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.543

Keywords:

Pelaksanaan Instrumen Non Tes, Bimbingan dan Konseling, SMP Negeri 1 Balongan Indramayu

Abstract

Bimbingan dan Konseling yang ada di sekolah merupakan salah satu faktor yang turut serta memperlancar proses belajar, layanan siswa dalam bentuk Non Tes merupakan salah satu teknik dalam bimbingan dan konseling yang ikut membantu individu (siswa) untuk mengembangkan bakat, minat serta memahami dirinya sesuai dengan kemampuan dan memecahkan berbagai masalah yang dihadapi siswa ke arah yang lebih optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan Pelaksanaan Instrumen Non Tes dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu). Subjek penelitian ini adalah guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu, dengan objek pelaksanaan Instrumen Non Tes tahun 2021/2022. Teknik yang digunakan dalam penggalian data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan analisis kualitatif dan diambil kesimpulan secara induktif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa Pelaksanaan Instrumen Non Tes dalam Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu menggunakan observasi, angket dan wawancara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ABKIN, 2005. Standar Kompetensi Konselor Indonesia.

Abror Rachman, Abd, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana, 1993.

Arifin, M, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama di Lingkungan Sekolah dan Masyaraka. Jakarta: Bulan Bintang, 1978.

Anastasi, A. Psychological Testing. 5th Ed. New York: Macmillian Publishing Co., Inc.

Anastasia, A. dan Susana Urbina. 1971. Tes Psikologi. Diterj. oleh R. H. Imam. Ed. ke-7. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Cronbach, J Lee. 1949. Essentials of Psychological Testing. Third Edition. USA. Harper & Row Publisher.

Dalyono, M, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Tim Penyusunan Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Balai Pustaka, 1999.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Depdiknas. 2008. Naskah Akademik Penataan Pendidikan Profesi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Efendi, Usman dan Praja, S, Juhaya, Pengantar Psikologi. Bandung: Jemmers, 1998.

Ellis, T.I. 1990. The Missouri Comprehensive Guidance Model. Columbia: The Educational Resources Information Center.

Goldman, Leo. 1971. Using Test in Counseling. 2nd ed. New York: Meredith Corporation.

Hurlock, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga, 1990.

Imran, Ali, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Dunia Pustaka Jaya, 1996.

Komalasari, Gantina., dkk. (2011). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehesif. Jakarta: PT. Indeks.

Munandir. 1988. Konseling dan Pekerjaan Konselor. Malang: IKIP Malang.

Nurihsan, A.J. (2009). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nursalim. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Surabaya:Unesa University Pers.

Poerwadarminta, W.J.S, Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka, 1984.

Prayitno.2004. Seri Kegiatan Pendukung Konseling Aplikasi Instrumentasi. Padang: FIP.

Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990.

Sabri M. Alisuf, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1995.

Singer, Kurt, Membina Hasrat Belajar di Sekolah, (Terj. Bergman Sitorus). Bandung: Remaja Rosda Karya, 1987.

Sujana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1997.

Shertzer, Bruce and Shelley C. Stone. 1981. Fundamentals of Guidance.4th ed. Boston: Houghton Mifflin Company.

Tuwu, Ali, Mudin, Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia, 1993.

https://scholar.google.co.id/hl=id&as_sdt=0%2C5&q=peningkatan+kompetensi+konselor+dalam+aplikasi+instrumentasi+melalui+layanan+penguasaan+konten&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DY8MTRplcZR0J.

https://scholar.google.cp.id/scholar?hl=id&as_sdt+0%2C5&q=studi+tentang+pelaksanaan+aplikasi+instrumentasi+bimbingan+dan+konseling+di+smp+dan+sma+negeri+kota+sumenep&btnG=#d+gs_qabs&u+%233D70B0lpbdpnYJ.

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kompetensi+keahlian+berkarya+guru+pembimbing+dalam+penggunaan+instrumen+konseling+di+sekolah+menengah+pertama+negeri+4+tambang+kecamatan+tambang+kabupaten+Kampar&btnG=#d=gs_qabs&u+%23p%3DMfBLE—8j0gJ.

https://www.kompasiana.com/farisusman0774/5d9b51aa0d82300ffd75b9a3/pentingnya-asesmen-dan-diagnosis-dalam-bk.

Downloads

Published

2023-09-22

How to Cite

Evi Aeni Rufaedah, and Didik Himmawan. 2023. “Pelaksanaan Instrumen Non Tes Dalam Bimbingan Dan Konseling (Penelitian Di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1298-1305. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.543.

Issue

Section

Articles