Upaya Guru Tahfidz dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sleman dalam Menghafal Al-Qur'an
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.639Keywords:
Guru Tahfidz, Menghafal, Al-Qur’an, Madrasah TsanawiyahAbstract
Menghafal Al-Qur'an ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. Untuk mencapai titik dimana seseorang dapat menghafal Al-Qur'an, seseorang harus belajar membaca dan melafalkan Al-Qur'an terlebih dahulu. Oleh karenanya membutuhkan upaya yang ekstra dalam meningkatkan pada kemampuan mengafal al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas ix Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sleman, dengan mengangkat judul upaya guru tahfidz dalam meningkatkan kemampuan menghafal al-qur’an siswa kelas Ix Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sleman. Peneliti menggunakan pola penelitian kualitatif, yang mengharuskan mengamati orang (subjek) di lingkungan tempat tinggal mereka, berinteraksi dengan mereka, dan berusaha memahami bahasa dan interpretasi mereka tentang dunia. Sehingga teknik metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan tiga metode tiga yang meliputi pada, observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini terdapat empat hal. Pertama upaya guru tahfidz tersebut berupa penguatan tim guru tahfidz, kedua memberikan motivasi kepada siswa, ketiga selalu membimbing siswa dalam muraja’ah dan menggunakan metode yang bervariasi, yang meliputi pada metode klasikal dan adaptasi. Maksud dari metode adaptasi ini yaitu mustim. Mustim ialah singkatan dari musyafahah, ikrar, dan mudarrasah
Downloads
References
al-Ghautsani, Yahya binAbdurrazzaq. 2003. Cara Mudah Dan Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Anon. n.d. Observasi Rapat Penguatan Tim Guru Tahfidz, 4 Februari 2022 Pukul 14:00.
Anon. n.d. Wawancara Dengan Bapak Anang Sumarna S. Ag, M. Si. Koordinator Tahfidz, Masjid Sekolah, 03 Februari 2022 Pukul 12:30 WIB.”.
Anon. n.d. Wawancara Dengan Bapak Suwardi S.S., M. Pd, Wakil Kepala Sekolah, Ruangan Kepala Madrasah, 26 Februari 2022 Pukul 10:30 WIB.”.
Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal Al-Qur‟an. Yogyakarta: Diva press.
Bahasa, Tim Penyusun Kamus Pusat. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai pustaka.
DIY, Kanwil Kemenag. 2019. “Terpesona Takhasus 6, MTsN 13 Jakarta Kunjungi MTsN 6 Sleman.” Https://Diy.Kemenag.Go.Id/4599-Terpesona-Takhasus-6-Mtsn-13-Jakarta-Kunjungi-Mtsn-6-Sleman.Html. Retrieved January 5, 2023 (https://diy.kemenag.go.id/4599-terpesona-takhasus-6-mtsn-13-jakarta-kunjungi-mtsn-6-sleman.html).
dkk, Moh. Padhil. 2010. SosiologiPendidikan. Malang: UIN-Maliki Press.
Fathurrohman, Pupuh, and Sobry Sutikno. 2014. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.
Moelong, Lexy J. 2006. Metodologi Penulisan Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Rosda Karya.
Nisa, Khoirun, Wahyudi, and Ma’ruf Saifullah. 2021. “Pelatihan Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Quran Dengan Metode One Day One Ayat ODOA) Di SMP Islam Mbah Bolong Jombang.” Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1).
Putra, Sitiatava Rezema. 2016. Metode Pengajaran Rasulullah SAW. Yogyakarta: Diva press.
Rica Anita, & Didik Himmawan. (2022). Efektivitas Metode Qiroati dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri TPQ Hidayatul Ihsan Sindang Indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 2(2), 100–105. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v2i2.64
Sa’dullah. 2008. 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
SAIHU. 2019. “RINTISAN PERADABAN PROFETIK UMAT MANUSIA MELALUI PERISTIWA TURUNNYA ADAM AS KE-DUNIA.” Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman 3(1):268–79.
Sali, Peter, and Yeni Salim. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Modern English Press.
Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.
Usman, Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Rosda Karya.
Wahyuni, Ajeng, and Akhmad Syahid. 2019. “Tren Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Metode Pendidikan Anak.” Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 5 No 1:87–96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aldi Wijaya Dalimunthe, Hukma Fikria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.