Implementasi Paradigma Wahdatul Ulum di Prodi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sumatera Utara

Authors

  • Aldi Wijaya Dalimunthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Salminawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Tansri Riziq Hilman Afif Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Susi Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1218

Keywords:

Implementasi, Paradigma, Wahdatul Ulum

Abstract

Paradigma wahdatul ulum merupakan sebuah slogan dalam konsep intergasi ilmu di UIN Sumatera Utara, konsep integrasi yang memadukan antara ilmu agama dan ilmu umum serta tujuan dalam pengimplementasiannya adalah menyatukan kembali paradigma bahwa ilmu itu adalah satu kesatuan yang lahir dari Allah Swt dan berguna untuk kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia dan kususnya di prodi magister Pendidikan agama Islam UIN Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana penerapan paradigma wahdatul ulum di program magister Pendidikan agama Islam serta menjelaskan bagaimana hambatan yang terjadi dalam penerapan konsep wahdatul ulum tersebut. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini didapatkan bahwa penerapan wahdatul ulum di prodi magister Pendidikan agama Islam ini sudah diterapkan dalam berbagai bidangnya yaitu bidang kurikulum dan pembelajaran, bidang penelitian dan bidang pengabdian Masyarakat. Dan hambatan yang didapatkan yaitu kurangnya sosialisasi paradigma wahdatul ulum dan kurangnya keseriusan dalam menjalankan konsep ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap,Syahrin, and Dkk. (2018). Wahdatul ‘Ulum Paradigma Integrasi Keilmuan Dan Karakter Lulusan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan: Perdana Publising.

Hardani, and Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Lubis Y., A.(2014 )FilsafatIlmu:KlasikhinggaKontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Maharani, and Salminawati (2022). “Implementasi Paradigma Wahdatul ‘Ulum Dengan Pendekatan Transdisipliner Untuk Menghasilkan Ulul Albab Pada Lulusan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.” Journal Of Social Research

Mamonto, Novan, and Dkk.( (2018).“Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan Volome 1 No 1

Mulyadi. (2015). Implementasi Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Murdiyanto, Eko. (2020). Metode Peneliatian Kualitatif. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional.

Nurdin, Usman. (2005). Konteks Implemetasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Riduwan.(2019). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Salim. ( 2020). Metode Penelitian Kualiatif. Bandung: Citapustaka Media.

Sartika, Maharani. (2022) “Implementasi Paradigma Wahdatul‘Ulum Dengan Pendekatan Transdisipliner Untuk Menghasilkan Ulul Albab Pada Lulusan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.” Journal Of Sosial Research Vol. 1 No 4.

Thontow, Jawahir. (2012) “ParadigmaProfetik Dalam Pengajaran Dan Penelitian Ilmu Hukum.” UNISIA Vol. XXXIV.

Wahab, Abdul. (2008) Analisis Kebijakan dari Formula ke Implementasi Kebijakan Negara. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

Aldi Wijaya Dalimunthe, Salminawati, Tansri Riziq Hilman Afif, and Susi Susanti. 2024. “Implementasi Paradigma Wahdatul Ulum Di Prodi Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sumatera Utara”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1704-12. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1218.

Issue

Section

Articles