Penguatan Pendidikan Sosial Masyarakat Dalam Pengamalan Ibadah

Authors

  • Rahmawati Alwi Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.930

Keywords:

Pendidikan Sosial, Masyarakat, Pengamalan Ibadah

Abstract

Pendidikan memainkan peranan penting dalam membedakan antara individu yang memiliki ilmu dan yang tidak memiliki sehingga terdapat pembeda dari berbagai hal seperti: (1). Kemampuan Berpikir Kritis (Seseorang yang terdidik memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, membandingkan informasi, dan membuat keputusan berdasarkan analisis. Sementara itu, seseorang yang kurang terdidik mungkin lebih mudah menerima informasi tanpa mempertanyakan atau mengkritiknya). Sebuah pendekatan deskriptif dalam penelitian memiliki tujuan untuk menggambarkan atau menguraikan fenomena yang sedang diteliti dengan natural dan alamiah (Soegiono,2019). Keunggulan dari pendekatan kualitatif adalah kemampuannya untuk memahami konteks, nuansa, dan kedalaman informasi dari suatu fenomena. Penelitian kualitatif dalam penelitian ini untuk menggali fakta tentang implementasi kegiatan majelis taklim dalam meningkatkan  pengamalan ibadah ibu-ibu di Kp. Kandang Sapi Desa Barengkok kec. Leuwiliang kab. Bogor. Materi yang disampaikan berupa akidah seperti mengingatkan kepada kebesaran dan nikmat yg Allah SWT berikan. Materi fiqih mengajarkan cara beribadah, seperti shalat, puasa, zakat, parenting dan bersyukur kepada Allah SWT, Perayaan hari besar islam yang selalu di adakan dan Kunjungan kepada anggota Majlis Taklim yang sedang sakit ataupun tertimpa musibah. Pengamlan ibadah proses wawancara dan observasi, sangat jelas pengajian rutin membawa perubahan, hal ini tidak lepas dari semua pembimbing atau penceramah yang sabar dan metodenya mudah dipahami oleh jamaah, membimbing dan mengarahkan anggota Majlis Taklim untuk terus belajar dan dapat mengetahui bagaimana caranya beragama yang benar. Kehidupan yang baik tentunya sesuai dengan agama, yang membuat jamaah lebih dekat dengan ajaran agama. Mengikuti pengajian rutin menambah ilmu agama islam, seperti praktik ibadah dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badriyah, S. R. A. (2017). Peranan pengajian majelis taklim al-Barkah dalam membina pengamalan ibadah pemulung Bantargebang Bekasi.

Bin Junaid, J. (2019). Eksistensi Majelis Taklim dalam Membumikan Hadis melalui Zikir. AL-SYAKHSHIYYAH Jurnal Hukum Keluarga Islam dan Kemanusiaan, 1(1), 100-112.

Hilmuniati, F. (2011). Dampak bermain game online dalam pengamalan ibadah shalat pada anak di kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat kota Tangerang Selatan.

Muri Yusuf, A. (2017). Metode penelitian: kuantitatif, kualitatif, dan penelitian gabungan.

Rustab, A. S. (2018). Peranan Majelis Taklim Anas Bin Malik Dalam Membina Silaturrahim Masyarakat Di Kabupaten Pare-Pare.

Wawat, Hasil Wawancara pada tanggal 12-Nivember 2023

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Rahmawati Alwi. 2024. “Penguatan Pendidikan Sosial Masyarakat Dalam Pengamalan Ibadah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):972-82. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.930.

Issue

Section

Articles