Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di SMAN Batukliang Utara

Authors

  • Sapi'in Universitas Islam Negeri Mataram
  • Muhammad Universitas Islam Negeri Mataram
  • Yudin Citriadin Universitas Islam Negeri Mataram

Keywords:

Implementasi Pendidikan, Karakteristik Islam, Kearifan Lokal

Abstract

Implementasi pendidikan karakter Islami berbasis kearifan lokal di SMA Negeri 1 Batukliang Utara telah dilaksanakan di Kabupaten Lombok Tengah melalui kebijakan Bupati, setiap sekolah di Kabupaten Lombok Tengah termasuk SMA Negeri Batukliang Utara harus melaksanakan nilai-nilai budaya sasak di sekolah. Implementasi pendidikan karakter Islami berbasis kearifan lokal di SMA Negeri 1 Batukliang Utara di Kabupaten Lombok Tengah diwujudkan dengan memberi ciri khas kepada masyarakat mengenai adat sasak seperti, nyongkolan, rumah adat, makanan serta yang berkaitan dengan adat sasak. Sekolah-sekolah di Kabupaten Lombok Tengah implementasi budaya sasak diwujudkan dengan menggunakan baju adat sasak serta ikut di hari-hari tertentu seperti hari kartini, ulang tahun lombok serta hari raya besar lainnya.  Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui implementasi manajemen pendidikan karakter Islam di SMA Negeri Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. 2). Untuk mengetahui bentuk-bentuk kearifan lokal di SMA Negeri Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. 3). Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter Islami berbasis kearifan lokal di SMA Negeri 1 Batukliang Utara di SMA Negeri Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan  adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data dari Miles Hubberman yaitu pengumpulan data.  Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara dan obervasi. Pengumpulan data dilakukan di  SMA Negeri 1 Batukliang Utara. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu: 1) Implementasi pendidikan karakter Islam di SMA Negeri Batukliang Utara menunjukkan kebutuhan yang mendalam untuk membangun nilai religius, tanggungjawab, jujur, toleransi, disiplin, mandiri dan rasa ingin tahu.  2) Bentuk-bentuk kearifan lokal di SMA Negeri Batukliang Utara dalam pendidikan karakter Islam memiliki dampak positif seperti pramuka, nyongkolan, baju adat sasak, tapak suci, pembacaan ikrar bersama, penyembelihan hewan (gorok manuk), jajan tradisional khas sasak serabi, pada pembentukan kepribadian siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaini, Nining Nur. 2015. “Tradisi Lisan Cepung: Sastra Perlawanan Komunitas Sasak Terhadap Kekuasaan Bali Di Pulau Lombok.” J. Metasastra 8(1): 47–60.

Ali, Yusuf Faisal. 2017. “Upaya Tokoh Agama Dalam Mengembangkan Sikap Toleransi Antarumat Beragama.” Untirta Civic Education Journal 2(1).

Apandi, Erwinda Febriani. 2020. “Tradisi Rebo Bontong Pada Masyarakat Dusun Ketapang Di Desa Pringgabaya Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.”

BAB, I, and KETENTUAN UMUM. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Bariah, Bariah. 2022. “Analisis Implementasi Kebijakan Pendidikan Sabtu Budaya Di MI NW Tanak Beak Narmada Tahun 2022.”

Dalmeri, Dalmeri. 2014. “Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character).” Al-Ulum 14(1): 269–88.

Daniah, Daniah. 2019. “Nilai Kearifan Lokal Didong Dalam Upaya Pembinaan Karakter Peserta Didik.” Pionir: Jurnal Pendidikan 8(1).

Febrianshari, Deddy, and Dyah Worowirastri Ekowati. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now.” Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD) 6(1): 88–95.

Fitriani, Annisa. 2016. “Peran Religiusitas Dalam Meningkatkan Psychological Well Being.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 11(1): 57–80.

Gapari, Muhamad Zaril. 2019. “Implementasi Manajemen Pendidikan Akhlak Di Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Lombok Timur.” MANAZHIM 1(1): 155–70.

Jamal, Moh Yusuf Saepuloh, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana. 2022. “Kajian Riset Pendidikan Islam Yang Berorientasi Pada Isu-Isu Sosial Dampak Globalisasi.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 6(1): 788–802.

Kusdi, Solihin Slamet. 2019. “Peranan Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” AL-USWAH: Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Agama Islam 1(2): 100–111.

Kusumawati, Naniek, and Endang Sri Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Meithiana, Indrasari. 2017. “Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan Tinjauan Dari Dimensi Iklim Organisasi, Kreativitas Individu, Dan Karakteristik Pekerjaan.”

Murtazam, Lalu. 2019. “Komunikasi Antarbudaya Etnik Sasak Dan Etnik Jawa Didesa Tangkau Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah.”

Nurhayani, Nurhayani, Sutarto Sutarto, and Rifanto Bin Ridwan. 2023. “Internalisasi Nilai Karakter Kejujuran Siswa Melalui Metode Pembiasaan Di MIN 1 Lebong.”

Pahleviannur, Muhammad Rizal et al. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Primayanti, Ade Imelda. 2015. “Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 12(1): 46–60.

Rusdidaming, Rusdidaming. 2017. “Tradisi Merarik Suku Sasak Di Perantauan Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Pada Masyarakat Lombok Di Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur).”

Safitri, Erma, J Manajemen, and F Ekonomi. 2013. “Pengaruh Pelatihan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan.” Jurnal Ilmiah Manajemen 1(4): 1044–54.

Sumanto, M A. 2014. Psikologi Perkembangan. Media Pressindo.

Yulistika, Nuning. 2016. “Implementasi Program Pendidikan Karakter (Studi Kasus Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Muttaqien-Parung Bogor).”

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Sapi’in, Muhammad, and Yudin Citriadin. 2024. “Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di SMAN Batukliang Utara”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1083-91. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/935.

Issue

Section

Articles