Peran Guru Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik Kelas IX di MTs Shautul Mimbar Al-Islami Bogor

Authors

  • Agus Tamami Institut Ummul Al-Islami Bogor
  • Ahmad Idhofi Institut Ummul Al-Islami Bogor
  • Siti Mayang Sari Institut Ummul Al-Islami Bogor

Keywords:

Meningkatkan Akhlak, Peserta Didik, Peran Guru

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di zaman sekarang ini, agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Dari beberapa tujuan pendidikan agama islam tersebut peneliti memfokuskan diri pada masalah akhlak yaitu untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam meningkatkan akhlak peserta didik dan bagaimana akhlak peserta didik kelas IX di sekolah MTs Shautul Mimbar Islami Bogor. Jenis yang saya gunakan dalam teknik pengumpulan datanya yaitu jenis kualitatif, metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Oleh karena itu dalam penelitian kualitatif tidak menekankan  pada generalisasi, tetapi lebih menekankan pada makna. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru akidah akhlak dan siswa. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peran guru akidah Akhlak dalam meningkatkan akhlak peserta didik di MTs Shautul Mimbar Islami yaitu guru akidah akhlak selalu menasehati dan mengarahkan siswa kepada prilaku yang lebih baik dari sebelumnya,  guru akidah akhlak sebelum memerintahkan kepada siswanya supaya berakhlak yang baik ia selalu mencontohkan kebaikan terlebih dulu. Siswa dilatih oleh guru akidah akhlak untuk melakukan amal sholeh yaitu dengan  shalat berjamaah, puasa sunah, berinfak, dan lain sebagainya. Akhlak siswa di MTs Shautul Mimbar Islami telah memperoleh hasil yang cukup baik, yaitu; pertama, untuk akhlak terhadap Allah Swt, kedua, akhlak terhadap dirinya sendiri, ketiga, akhlak terhadap keluarga, keempat, akhlak terhadap sesama manusia, kelima, akhlak terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Muhammad Menjadi Seorang Muslim berakhlak Mulia (Jakarta: Rajawali Pers, 2016)

Badrudin, Akhlak Tasawuf, Cet. II, ( Serang: Iaib Press), 2015

Danim, Sudarwan, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru (Bandung: Alfabeta, 2010)

Fauzi, Imron, Etika Profesi Keguruan ( Jember: Iain Jember Press, 2018)

Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Rajawali Press, 2013)

Syarif, Hidayatullah, Furqan, Kuliah Akhlak ( Bogor. IPB Press, 2011

Ilyas, Yunahar, Kuliah Akhlak (Yogyakarta: Lingkar Barat), 2010

Kementerian Agama RI. Ar-Rahim Al-Qur’an dan Terjemahan, (Bandung CV Mikraj Khazanah Ilmu). 2014

Mas’ud, Ali, “Akhlak Tasawuf” (Surabaya: Bina Karya Utama. 2013)

Mawardi, Muhjiddin, Akhlak Lingkungan ( Kementerian Lingkungan Hidup, 2011 )

Ngalim, Purwanto, Muhamad, Administrasi dan Supervisi Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010)

Khomariyah, Nur, Siti, “Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlakul Karimah Siswa Di SMPN 1 Soko Kabupaten Tuban”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2010.

Kustiya, Siti, “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di SMK Muhammadiyah Delanggu Klaten Jawa Tengah”. Skripsi Yogyakarta: jurusan Kependidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2011.

Maghfiroh, Lailatul, “Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam” (Lamongan: Darul Ulum Lamongan)2019

Malle, Syahrir, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar Tahun Ajaran 2012”. Skripsi, Makassar.

Al Thariqah, Vol.1, No.2 (Jurnal). “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam”. 2016

Ramli, muhamad, Vol.5 (Jurnal). “ Hakikat Pendidik dan Peserta Didik”. 2015

Sada, Juabdin, Heru, Vol. 6 (Jurnal). “Pendidik Dalam Perspektif Al-Qur’an”. 2015

https://majalahpendidikan.com/akhlak-definisi-dan-macam-macam-akhlak (diakses pada tanggal 23 september 2019 pukul 06.30).

Tamami, A., & Saputri, U. (2021). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Smp Pui Setia Negara Leuwisadeng Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Munadzomah, 1(1), 15-21.

Rivaâ, F. A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 4(2), 33-50.

Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). Hubungan Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Islamiyah Dengan Moralitas Mahasiswa. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Agus Tamami, Ahmad Idhofi, and Siti Mayang Sari. 2024. “Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Peserta Didik Kelas IX Di MTs Shautul Mimbar Al-Islami Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1119-24. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/955.

Issue

Section

Articles