Peran Guru Fiqih dalam Pembinaan Ibadah Santri Putri Kelas 2 KMI di Pondok Pesantren Darussalam Bogor

Authors

  • Syamsul Rizal Mz Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • M. Arif Kurniawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Putri Kenia Malihah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Abstract

Guru merupakan bagian yang sangat strategis yang memiliki peran penting dalam membentuk gerak maju kehidupan suatu bangsa. Pondok pesantren Darussalam dengan pembelajaran dan pendidikan yang disusun dengan alokasi waktu 24 jam menjadikan peran guru sangatlah besar. Begitupula dengan guru fiqih yang mempunyai andil yang besar dalam pembinaan ibadah santri. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru fiqih dalam pembinaan ibadah santri putri kelas 2 KMI. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada tiga tahap yaitu, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan peran guru fiqih dalam pembinaan ibadah diantaranya sebagai demonstrator yaitu dengan mempersiapkan materi fiqih dengan baik, sebagai pengelola kelas yaitu memastikan kesiapan anak dalam menerima pelajaran, sebagai mediator dan fasilitator yaitu menggunakan metode caramah dan tanya jawab, dan sebagai evaluator yaitu evaluasi harian dan tahunan. Kemudian ibadah santri putri kelas 2 KMI dilihat dari penilaian raport catatan kepribadian dan hasil pengadaan praktek ibadah (wudhu), maka dapat dinilai sudah cukup baik. Dan adapun upaya guru fiqih dalam meningkatkan ibadah santri putri terbagi menjadi 2, yaitu upaya minimal berupa pengajaran di lingkungan kelas. Dan upaya maksimal berupa pembimbingan langsung di masjid maupun di rayon dan mengadakan praktek ibadah sekali-kali.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rafi’i, Abdullah. 2011 Ushulul Fiqh. Cet. 2. Ponorogo: Trimurti.

Roqib, Moh. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. 2. Yogyakarta: PT. LKiS Printing Cemerlang.

Zulkifli. 2017. Rambu-rambu Fiqih Ibadah. Yogyakarta: Kalimedia.

Hambali, Muh. 2020. “Manajemen Pengembangan Kompetensi Guru PAI”, Jurnal MPI. Vol 1.

Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif”. Jurnal Alhadharah. Vol. 17 No. 33.

Siti Arum Muharomah, dkk. 2020. “Peran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Yatamu Pasawahan Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2019/2020”, Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 6. No. 2.

Nafisa Diga, Lulu. 2020 Peran Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Beribadah Siswa di MAN Purbalingga, Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negri Purwokerto.

Sari, Mita. 2018. Peranan Guru Fiqih dalam Meningkatkan Ketaatan Ibadah Shalat Siswa Kelas IX MTs Ma’arif NU 5 Sekampung Lampung Timur, Skripsi. Lampung: Institut Agama Islam Negri.

Sulfitri. 2019. Pengaruh Pembinaan Ibadah Sholat dan Baca al-Qur’an terhadap kesadaran Beragama bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di LPKA Kelas II Parepare. Skripsi. Parepare: Institut Agama Islam Negri (IAIN) Parepare.

http://darussalambogor.ac.id/selayang-pandang-pondok-pesantren-darussalam/ diakses pada hari Selasa, 29 Juni 2021, pukul 12.15 WIB.

Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. Tadbiruna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 90-98.

Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). Hubungan Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Islamiyah Dengan Moralitas Mahasiswa. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Syamsul Rizal Mz, M. Arif Kurniawan, and Putri Kenia Malihah. 2024. “Peran Guru Fiqih Dalam Pembinaan Ibadah Santri Putri Kelas 2 KMI Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1125-31. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/958.

Issue

Section

Articles