Pengaruh Metode Iqra’ terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDIT Al-Yasmin Bogor

Authors

  • M. Arif Kurniawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Nuril Izzah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Septiya Faradina Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.960

Keywords:

Metode iqra’, Kemampuan membaca Al-Qur’an

Abstract

Salah satu program sekolah SDIT Al-Yasmin Bogor yang bertujuan menjadikan siswa mampu membacakan Al-Qur’an secara baik dan tepat adalah melaksanakan pengajaran baca tulis Al-Qur’an (BTQ) dengan metode iqra’. Maka dari itu, jurnal ini mengkaji tentang “Pengaruh Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III di SDIT Al-Yasmin Bogor” yang tujuannya: 1) mengetahui penerapan metode iqra’ di SDIT Al-Yasmin Bogor pada siswa kelas III, 2) mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an di SDIT Al-Yasmin Bogor pada siswa kelas III, 3) mengetahui pengaruh metode iqra’ terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an di SDIT Al-Yasmin Bogor pada siswa kelas III. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif dengan penggunaan sampel sebesar 113 siswa di SDIT Al-Yasmin Bogor pada kelas III. Instrumen dalam membantu mengumpulkan data ialah dengan menggunakan angket dan tes. Studi ini dilakukan dengan uji asumsi klasik dan regresi sederhana sebagai teknik analisis datanya. Hasil jawaban instrumen menunjukan bahwa diterapkannya metode iqra’ cukup membantu siswa untuk memudahkan dalam pembacaan Al-Qur’an., dan kemampuan pembacaan Al-Qur’an oleh siswa menunjukan hasil yang cukup baik. Sehingga kesimpulannya, metode iqra’ mempengaruhi kemampuan pembacaan Al-Qur’an di SDIT Al-Yasmin Bogor pada siswa kelas III.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nugraha, Setya, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Surabaya: Sulita Jaya).

Rahmat, Pupu Saeful, Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Scopindo Media Pustaka), 2019.

Ramayulius, Metode Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia), 2008.

RI, Departemen Agama, Al-Quran dan Terjemahnya (Semarang: PT. Karya Toha Putra), 2012.

RI, Kementerian Agama , Al-Qur’an dan Terjemahnya, Cet. I, (Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri), 2018.

Shabri Shaleh Anwar, Quality Student Of Muslim Achievement: Kualitas Anak Didik Dalam Islam, (Riau: Yayasan Do’a Para Wali), 2016.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Cet. XXIV, (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada), 2012.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet.25, (Bandung: Penerbit Alfabeta), 2017.

Sugiyono, Statistik untuk Penelitian, Cet. XIV, (Bandung: Alfabeta), 2009.

Sujarweni, Wiratna, Metode Penelitian Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami (Yogyakarta: Pustaka Baru Pres), 2014.

Sukardi, Metodologi Penlitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Cet. VII (Jakarta, Bumi Aksara), 2009.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakariya), 2016.

Syarifiddin, Ahmad, Mendidik Anak, Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an (Jakarta: Gema Insani), 2004.

Usman, Syahruddin, Belajar dan Pembelajaran Prespektif Islam, Cet. I, (Makassar: Alauddin University Press), 2014.

Zuriah, Nurul, Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori-Aplikasi, (Jakarta: Bumi Aksara), 2009.

Aliwar, Vol. 09, No. 01, Jurnal Al-Ta’dib, “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPQ)”.

Muhammad Syaifullah, Vol. 02, No. 01, Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, “Penerapan Metode An-nadhliyah dan Metode Iqra’ dalam Kemampuan Membaca Al-Qur’an”, 2017.

Muslikah Suriah, Vol. 03, No. 02, Jurnal Pendidikan Madrasah, “Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul”, 2008.

Nurvisari. “Pengaruh Penggunaan Metode Iqra terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) An-Nur di Desa Margamulia Kecamatan Bumi Agung Lampung Timur”. Skripsi.(Lampung Timur: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro), 2020.

https://belajaralquran.id/5-makharijul-huruf-hijaiyah/ diakses pada Selasa, 9 November 2021, Pukul 22.00 WIB.

Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). HUBUNGAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH AKHLAK ISLAMIYAH DENGAN MORALITAS MAHASISWA. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14.

Mz, S. R., & Idhofi, A. (2023). Pendampingan Tahsin Qira’at Imam Hafs Dalam Membaca Al-Qur’an Untuk Masyarakat Bunar Bogor. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 6(1), 252-259.

Riva'i, F. A., & Zachroh, S. A. (2021). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DENGAN ANALISIS SWOT DI MTs UMMUL QURO AL-ISLAMI BOGOR. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Munadzomah, 1(1), 40-53.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

M. Arif Kurniawan, Nuril Izzah, and Septiya Faradina. 2024. “Pengaruh Metode Iqra’ Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III Di SDIT Al-Yasmin Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1045-53. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.960.

Issue

Section

Articles