Dampak Ekologis Penggunaan Kalimat Indikatif Pada Pemberitaan Pemakaian Air Tanah: Kajian Ekolinguistik Kritis

Authors

  • Sry Wahyuni Universitas Sumatera Utara
  • Dwi Widayati Universitas Sumatera Utara
  • Rachmad Fadillah Maha Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.962

Keywords:

Kalimat Indikatif, Dampak Ekologis, Dampak Konstruktif, Ekolinguistik Kritis.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dampak konstruktif kalimat indikatif bagi pembaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan wacana kritis dengan metode deskriptif. Dengan pendekatan wacana kritis, teks-teks lingkungan dikaji dan diungkap bentuk dan dampak konstruktif di balik teks tersebut. Teks pada wacana lingkungan yang ditulis oleh wartawan pasti didasari hasil observasi dan wawancara. Lewat teks tersebut tergambar konteks wacana tersebut dibuat. Analisis wacana kritis adalah upaya atau proses penguraian untuk memberi penjelasan dari sebuah teks (realitas sosial) yang mau atau sedang dikaji oleh seseorang atau kelompok dominan yang kecenderungannya mempunyai tujuan tertentu untuk memperoleh apa yang diinginkan. Berdasarkan hasil penelitian tentang dampak ekologis penggunaan kalimat Indikatif pada pemberitaan pemakaian air tanah, ditemukan dampak konstruktif penggunaan kalimat indikatif sebanyak tiga data, terdapat juga contoh kalimat indikatif yang berbentuk pelestarian dan pemertahanan lingkungan dan terakhir terdapat kalimat indikatif yang mengandung kalimat konstruktifnya. Dampak konstruktif biasanya isi, makna atau pesannya bisa mempengaruhi pola pikir dan sikap pembaca untuk ikut melestarikan lingkungan. Berdasarkan isinya, wacana dikelompokkan dalam beberapa bentuk, yaitu wacana sosial, wacana ekonomi, wacana hukum, dan wacana lingkungan. Teks positif dapat mengubah etika lingkungan yang negatif menjadi positif. Dampak positif yang sifatnya konstruktif berupa penggunaan bahasa yang terlalu mudah dipahami, tidak berlebihan, dan rinci sehingga mempengaruhi sikap dan pola pikir bagi masyarakat atau pembacanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aron Meko Mbete, dkk., Dinamika Bahasa Media: Televisi, Internet, dan Surat Kabar: Udayana University Press, Denpasar, 2013.

Asdak, C., Hidrologi pengolahan daerah aliran sungai, Yogyakarta, Gajah Mada University, 1995, hlm. 225.

Bouwer, Herman, Groundwater Hydrology. Int. Student Ed., McGraw-Hill Kogakusha Ltd, 1978.

Chaer, Abdul, Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2009.

Crystal, David, A Dictionary of Linguistics and Phonetics.6th Edition. United Kingdom: Blackwell Publishing, 2008.

Dharma, Surya, Manajemen Kinerja Falsafah Teori dan Penerapannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2009.

Elektronika, Teori Komponen, Liquid Cristal Display, 2012, http://elektronikadasar.web.id/teori-elektronika/lcd-liquid-cristal-display/. Diakses 10 Juni 2012.

Fetter, C.W., Applied Hydrogeology (3rd Edition). New York: Macmillan College Publishing Company, 1994.

Haugen, E, “The Ecology of Language”. Dalam Dil, A.S. (ed) The Ecology of Language: Essays by Einar Haugen. Stanford: Stanford University Press, 1972.

Kridalaksana, Harimurti, Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Longman Fairclough, Norman & Ruth Wodak, Critical Discourse Analysis: An Overview. Dalam Teun A. van Dijk (Ed.), Discourse and Interaction (pp.67-97). London: SAGE Publication, 1997.

Mantiri, Grace & Handayani, Tri, "Dampak Ekologis Penggunaan Kalimat Indikatif pada Media Massa Online Papua: Tinjauan Ekolinguistik Kritis". https://www.researchgate.net/publication/330420890_Dampak_Ekologis_Penggunaan_Kalimat_Indikatif_pada_Media_Massa_Online_Papua_Tinjauan_Ekolinguistik_Kritis. Diakses 5 November 2023.

Mulyana Deddy, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Stibbe, Arran, Ecolinguistics: Language, Ecology and The Stories We Live By. New York: Routledge, 2015.

Sukmawan, Sony, Ekorktitik Sastra: Menanggap Sasmita Arcadia. Malang: UB Press, 2016.

Van Dijk, T. A, Discourse and Society. London: Routledge, 1993.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Sry Wahyuni, Dwi Widayati, and Rachmad Fadillah Maha. 2024. “Dampak Ekologis Penggunaan Kalimat Indikatif Pada Pemberitaan Pemakaian Air Tanah: Kajian Ekolinguistik Kritis”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):962-71. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.962.

Issue

Section

Articles