Model Tes Keterampilan Produktif: Maharah Kalam dan Kitabah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1077Keywords:
Model Tes, Keterampilan Produktif, Maharah KalamAbstract
Pelaksanaan evaluasi merupakan hal penting dalam pembelajaran pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa Arab. Evaluasi keterampilan berbicara dan menulis dirancang untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengungkapkan ide dan gagasannya secara tertulis dan lisan. Tujuan penelitian ini adalah mengekplorasi model soal evaluasi keterampilan produktif yaitu keterampilan berbicara dan keterampilan menulis. Metode penelitian menggunakan penelitian dan pengembangan. Data dipeloreh dari KMA 183 tentang kurikulum pendidikan bahasa Arab dan PAI, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SK-KD) berdasarkan KMA 183, buku ajar bahasa Arab kelas sembilan, silabus Madrasah Tsanawiyah kelas sembilan, artikel yang berkaitan dengan evaluasi, dan contoh soal evaluasi. Peneliti mengamati dan menganalisis kebutuhan penyusunan soal, menyusun soal sesuai langkah-langkah dan melakukan uji validitas isi yang dilakukan oleh ahli di bidang evaluasi bahasa Arab. Hasil penelitian adalah penyusunan soal maharah kalam dan kitabah diawali dengan telaah kurikulum, mengambil kompetensi dasar, menentukan indikator sampai pada penyusunan soal yang sudah dianalisis berdasarkan tingkat kesulitan soal. Menyajikan dan menganalisis model soal kalam dan kitabah yang telah melewati proses uji validitas isi. Dengan adanya pengembangan soal-soal evaluasi ini, diharapkan akan meningkatkan kemampuan mereka dalam berbahasa Arab secara keseluruhan khususnya dalam bidang maharah kalam dan kitabah.
Downloads
References
Amalia, Thoyyibatul. “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, no. 5 (2019): 318–23.
Arifianto, Muhammad Lukman, Moh Ainin, Moh Ahsanuddin, Irhamni Irhamni, Nurul Fitria, Khoirin Nikmah, and Mohammad Sofi Anwar. “Evaluasi Pembelajaran Dan Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab.” Tonggak Media, 2021.
Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020): 56–71.
Dananjaya, Utomo. Media Pembelajaran Aktif. Nuansa cendekia, 2023.
Erlina, Erlina. “Pengembangan Bahan Ajar Qira’ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2017): 263–80.
Fauzi, Muhammad, and Muhammad Thohir. “Pembelajaran Kaligrafi Arab Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kitabah.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2020): 226–40.
Fitria, Fitria. “The Education of Arabic Speaking Refugee Children and Young Adults.” Diaspora, Indigenous, and Minority Education, July 5, 2023, 1–3. https://doi.org/10.1080/15595692.2023.2232909.
Fitria, Fitria, and Munirul Abidin. “The Implementation of Project-Based Learning to Improve Students’ Participation and Interaction in Learning Arabic Language: A Focus on Writing Skills,” 2023. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v9i2.175.
Haniefa, Rifda. “Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab.” Ta’limi| Journal of Arabic Education and Arabic Studies 1, no. 1 (2022): 49–71.
Hendra, Faisal. “Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pengajaran Kemahiran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi.” Arabiyat 5, no. 1 (2018): 103–20.
Huda, Miftahul, and Irham Irham. “Contesting the Nativelikeness Norms of Productive Skill Assessment in the Peripheral ELT Practice: ELF and World Englishes Perspectives.” Mextesol Journal 47, no. 2 (2023): 0–3.
Amalia, Thoyyibatul. “Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Kitabah.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 5, no. 5 (2019): 318–23.
Arifianto, Muhammad Lukman, Moh Ainin, Moh Ahsanuddin, Irhamni Irhamni, Nurul Fitria, Khoirin Nikmah, and Mohammad Sofi Anwar. “Evaluasi Pembelajaran Dan Pengembangan Tes Interaktif Bahasa Arab.” Tonggak Media, 2021.
Aziza, Lady Farah, and Ariadi Muliansyah. “Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komprehensif.” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 19, no. 1 (2020): 56–71.
Dananjaya, Utomo. Media Pembelajaran Aktif. Nuansa cendekia, 2023.
Erlina, Erlina. “Pengembangan Bahan Ajar Qira’ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab.” Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2017): 263–80.
Fauzi, Muhammad, and Muhammad Thohir. “Pembelajaran Kaligrafi Arab Untuk Meningkatkan Maharah Al-Kitabah.” EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 9, no. 2 (2020): 226–40.
Fitria, Fitria. “The Education of Arabic Speaking Refugee Children and Young Adults.” Diaspora, Indigenous, and Minority Education, July 5, 2023, 1–3. https://doi.org/10.1080/15595692.2023.2232909.
Fitria, Fitria, and Munirul Abidin. “The Implementation of Project-Based Learning to Improve Students’ Participation and Interaction in Learning Arabic Language: A Focus on Writing Skills,” 2023. https://doi.org/10.55849/attasyrih.v9i2.175.
Haniefa, Rifda. “Implementasi Model Penilaian Hots (Higher Order Thinking Skills) Pada Penilaian Empat Keterampilan Berbahasa Arab.” Ta’limi| Journal of Arabic Education and Arabic Studies 1, no. 1 (2022): 49–71.
Hendra, Faisal. “Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pengajaran Kemahiran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi.” Arabiyat 5, no. 1 (2018): 103–20.
Huda, Miftahul, and Irham Irham. “Contesting the Nativelikeness Norms of Productive Skill Assessment in the Peripheral ELT Practice: ELF and World Englishes Perspectives.” Mextesol Journal 47, no. 2 (2023): 0–3.
Indriana, Dina. “Evaluasi Pembelajaran Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab 10, no. 2 (2018): 34–52.
Irham, Irham, and Septia Dwi Jayanti. “Inquiry-Based Learning For Students’ Speaking Skill Improvement: Voices And Realities From The Ground.” Journal of English for Specific Purposes 21, no. 1 (2020): 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/.
Jafar Sidik, and Nursyam. “Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Palu.” Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 45–61. https://doi.org/10.24239/albariq.v1i2.10.
Jannah, Nur Aini Sholihatun, and Kiki Safitri. “Model Pembelajaran Kontekstual Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, no. 7 (2021): 272–86.
Kuraedah, Sitti. “Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 8, no. 2 (2015): 82–98.
Makrufah, Yayil Kholisotul. “Kitabah Sebagai Media Komunikasi Tulisan.” In International Conference of Students on Arabic Language, 3:585–92, 2019.
Malihah, Anggun Durrotul. “Efektivitas Konseling Self-Talk Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Berbicara Di Depan Umum Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023.
Muradi, Ahmad. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: Dalam Perspektif Komunikatif. Prenada Media, 2016.
———. “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia.” Jurnal Al-Maqayis 1, no. 1 (2014).
Ninoersy, Tarmizi, Z A Tabrani, and Najmul Wathan. “Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum 2013 Pada SMAN 1 Aceh Barat.” FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 5, no. 1 (2020): 83–102.
Nulaila, Nurlaila, and Nurdiniawati Nurdiniawati. “Meningkatkan Kemampuan Maharah Kalam Dan Kitabah Pada Mahasiswa Prodi Pba Fakultas Tarbiyah Iai Muhammadiyah Bima.” Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 39–51.
Razali, Geofakta, Dessy Andamisari, Algooth Putranto, Nur Ambulani, Feri Sanjaya, and Adzan Desar Deryansyah. “Pelatihan Public Speaking Dalam Meningkatkan Komunikasi Sosial.” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2023): 4759–67.
Ridho, Ubaid. “Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” An Nabighoh 20, no. 01 (2018): 19–26.
Ritonga, Mahyudin, Alwis Nazir, and Sri Wahyuni. Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Dialektika Revolusi Industri 4.0. Deepublish, 2020.
Rusidah, Rusidah. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII MTsS Muallimin Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah.” STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya 2, no. 2 (2017).
Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 4, no. 2 (2016): 343–59.
Umami, Habiba Al, and Irham Irham. “Examining Form and Pattern of ‘Ulama’in Western Media: A Corpus-Aided Discourse Analysis Approach.” In Nova Science Publisher, 47–75, 2021. https://mail.google.com/mail/u/0/?pli=1%5Cnpapers3://publication/uuid/D84FC782-E317-4880-B951-0697213436E1.
Umami, Habiba, Asni Furaida, and Mazroatul Ishlahiyah. “Linguistic Inquiries of Unjust Sentence of Victim’s Rape: A Defense from Media,” 2020. https://doi.org/10.4108/eai.2-10-2018.2295549.
Wati, Wiwit Rahma, and Zainurrakhmah Zainurrakhmah. “Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Maharah Kalam.” Borneo Journal of Language and Education 2, no. 1 (2022): 59–70.
Zunaidah, Anis, Sufiyani Nur Mawaddah, and Isnaini Khoirotun Ni’mah. “Evaluasi Keterampilan Menulis Bahasa Arab (Maharah Kitabah) Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar.” Nahdlatul Lughah: Journal of Applied Arabic Linguistics 1, no. 1 (2023): 36–51.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Holis, Fitria, Farroha Firmaningrum, Imron Ichwani, Nur Qomari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.