Implementasi Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dalam Pengolahan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1088Keywords:
Evaluasi Hasil Belajar, Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan PatokanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki implementasi Penilaian Acuan Norma (PAN) dan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dalam pengolahan hasil belajar Bahasa Arab siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ciamis. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus interaktif. Guru diidentifikasi sebagai narasumber utama, sementara dokumen-dokumen terkait subjek penelitian menjadi data pendukung. Analisis data mengikuti metode Milles dan Huberman, melibatkan tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 2 Ciamis menggunakan kedua pendekatan evaluatif tersebut dalam pengolahan hasil belajar siswa. Penilaian Acuan Norma (PAN) diterapkan pada penilaian akhir semester untuk mengukur kemajuan siswa dalam bahasa Arab. Sementara itu, Penilaian Acuan Patokan (PAP) digunakan dalam penilaian harian, memberikan gambaran mendalam tentang pencapaian siswa secara berkala. Temuan ini mencerminkan komitmen Madrasah Aliyah Negeri 2 Ciamis untuk menyediakan penilaian yang holistik dan terukur, memperkaya proses pembelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini memberikan wawasan berharga tentang praktik evaluasi di sekolah menengah atas dan memberikan dasar untuk pengembangan metode penilaian yang lebih efektif dalam konteks pengajaran bahasa Arab.
Downloads
References
Agus, Mulyadi. 2022. “Penilaian Acuan Norma Dengan Penilaian Acuan Patokan Pada Cabang Atletik Nomor Lompat Jauh Sebagai Studi Komperatif.” Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan Kuningan 3(1): 6–15.
Alfath, Khairuddin. 2019. “Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (PAN) Dan Pendekatan Acuan Patokan (PAP).” Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 8(1): 1–28.
Alfath, Khairuddin, and Fajar Fauzi Raharjo. 2019. “Teknik Pengolahan Hasil Asesmen: Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Norma (Pan) Dan Pendekatan Acuan.” Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 8(1): 1–28.
Aliyan, Annisa, Fifin Dayanti, and Zumrotul Mukaffa. 2021. “Implementasi Pendekatan Penilaian Acuan Normatif (PAN) Dan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP) Dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas XI Sma Gema 45 Surabaya).” At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 20(2): 183–91.
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran. 10th ed. Malang: PT. Remaja Rosdakarya.
Billah, Mohammad Fatih, and Penilaian Acuan Patokan PAP. 2021. “Analisis Penilaian Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadits Mengacu Pendekatan Acuan Patokan (PAP) Kelas 2C Di MI Al Hidayah Tarik Sidoarjo.”
Chloriana, Wahyu. 2019. “Penerapan Penilaian Acuan Norma (PAN) Pada Pelajaran Seni Budaya/Musik Di Kelas VII-G SMP Negeri 12 x 11 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman.”
Dinata, Feri Riski. 2020. “Teknik Pengolahan Hasil Asesmen Pendidikan Agama Islam (Penentuan Standar Asesmen, Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Penilaian Acuan Patokan (PAP), Dan Acuan Norma (PAN) Di SMK Muhammadiyah Mlati Yogyakarta).” Jurnal Al-Hikmah 1(1): 8–24.
Halimah, Nur, and Adiyono Adiyono. 2022. “Unsur-Unsur Penting Penilaian Objek Dalam Evaluasi Hasil Belajar.” Educational Journal: General and Specific Research 2(1): 160–67.
Hidayat, Muhammad Syaiful, and Maltuful Anam. 2022. “Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Connected Project Model Robin Fogarty.” Tanfidziya: Journal of Arabic Education 1(03): 167–77.
Huberman, Michael, and Matthew B Miles. 2002. The Qualitative Researcher’s Companion. sage.
Kaukab, M Elfan, and Rifqi Aulia Rahman. 2021. “Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Nivedana: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa 2(1): 60–75.
Matondang, Zulkifli. 2017. “Evaluasi Pembelajaran.” Universitas Medan.
Miles, Matthew B, and A Michael Huberman. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. sage.
Munip, Abdul. 2017. “Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab.” Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga.
Ni’mah, Khoirotun, and Durrotun Nafisah. 2020. “Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Di Sd Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan.” Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab 1(1).
Noviyanti, Erlina, Nur Fadhillah Pranadewi, Rahmah Islamia Zaidi, and Vina Mersilia. 2020. “Penerapan Penilaian Beracuan Patokan Dan Beracuan Norma Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di SDN 1 Wana.” Pandawa 2(2): 270–77.
Prof. Dr. Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi ke-3. Bnadung: ALFABETA CV.
Sriyanto, Agus. 2019. “Teknik Pengolahan Hasil Penentuan Standar Asesmen, Teknik Pengolahan Dengan Menggunakan Pendekatan Acuan Patokan (PAP) Dan Acuan Norma (PAN).” Jurnal Al-Lubab 5(2): 242–58.
Sugiyono, Dr. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sumardi, M. 2020. Teknik Pengukuran Dan Penilaian Hasil Belajar. Deepublish.
Waseso, Iksan. 2017. “Penelaahan Kembali Strategi Penilaian Acuan Norma (PAN) Dan Penilaian Acuan Patokan (PAP) Sebagai Pendekatan Dalam Penilaian Hasil Belajar.” Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 9(1).
Zulharby, Puti, Ahmad Marzuq, and Fatwa Arifah. 2021. “Model Evaluasi Daring Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab.” In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni, , 44–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dudi Kiswanto, Dian Arista, Isti Jayang Fitrah, Maryam Nur Annisa, Nur Qomari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.