Penyusunan Butir Soal Unsur Bahasa Arab (Bunyi, Kosakata, Struktur Kalimat) Untuk Siswa MTs
Keywords:
Butir Soal, Unsur Bahasa Arab, Penyusunan Butir SoalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan penyusunan soal tes unsur bunyi (ashwat), kosakata (mufradat) dan struktur kalimat bahasa Arab (tarakib). Jenis penelitian yang digunakan yaitu Desain and Development (D&D). Dalam Penyusunan butir soal unsur bahasa Arab ini dilakukan prosedur analize, desain dan development saja. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa butir soal unsur bahasa Arab disusun berdasarkan 7 tahapan. Yaitu; 1) memilih tema “al-Hiwayah” dan kompetensi dasar yang akan dicapai, 2) memilih materi tes yaitu unsur bunyi (ashwat), kosakata (mufradat) dan struktur kalimat bahasa Arab (tarakib), 3) memilih jenis tes tulis dalam bentuk pilihan ganda, 4) menentukan jumlah soal sebanyak 20 butir soal mudah, 20 butir soal sedang, dan 10 butir soal sukar, 5) menentukan skor maksimal adalah 100 per tipe soal, 6) menyusun kisi-kisi soal unsur bunyi (ashwat), kosakata (mufradat) dan struktur kalimat bahasa Arab (tarakib), serta 7) penyusunan butir soal berdasarkan kisi-kisi tersebut.
Downloads
References
A, Nurul Muchlizani, Sitti Mania, and Muhammad Nur Akbar Rasyid. “Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V MI Radhiatul Adawiyah Makassar.” JIP: Jurnal Inspiratif Pendidikan 12, no. 1 (2023): 224–40. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.32040.
Asrori, Imam, Muhammad Thohir, and Muhammad Ainin. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2012.
DP, Usman, Siti Mania, and Amirah Amirah. “Evaluasi Program Dengan Menggunakan Responsive Model Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Tanah Laut Kalimantan Selatan.” Cendikia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 11, no. 2 (2023): 315–24. https://doi.org/10.33659/cip.v11i2.295.
Fadilla, Hasana, Ahmadi Hamsa Ramadhan, Ayyu Purnama, Nurul Bayani, Said Agil, and Inom Nasution. “Pengaruh Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Kualitas Peserta Didik.” SUBLIM: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2023): 84–91. https://ummaspul.e-journal.id/Sublim/article/download/5720/2631.
Fidia, Farah, Rinie Pratiwi Puspitawati, and Pramita Yakub. “Pengembangan Instrumen Soal Higher Order Thinking Skills (HOTs) Materi Jaringan Dan Organ Pada Tumbuhan Kelas XI SMA.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11, no. 3 (2022): 745–54. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p745-754.
Iskandar, Dodi, and Senam Senam. “Studi Kemampuan Guru Kimia SMA Lulusan UNY Dalam Mengembangkan Soal UAS Berbasis HOTS.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 1, no. 1 (2015): 65–72. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4533.
Khasanah, Iswatul, Anies Fuady, and Sunismi Sunismi. “Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda.” Mathema Journal 5, no. 2 (2023): 110–25. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2818.
Komariah, Iis, Agus Hamdani, Nizar Alam Hamdani, Encep Suherman, and Ari Kartini. “Analisis Butir Soal Ujian Madrasah Bahasa Indonesia Berdasarkan Tingkat Berpikir Siswa Di KKM 1 Garut.” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan 21, no. 1 (2023): 298–306. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/qodiri.
Kurniawansyah, Edy, Dahlan Dahlan, and Yuliatin Yuliatin. “Persepsi Mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Mataram Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Sistem Politik Dan Pemerintahan Indonesia Di Masa New Normal.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 7, no. 4 (2022): 2383–87. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.1001.
Kusuma, Aniek Suryanti, I Gede Ratnaya, and I Made Candiasa. “Evaluasi Pembelajaran Hybrid Pada Institusi Pendidikan Instiki Dengan Discrepancy Evaluation Model.” Jurnal Penjaminan Mutu 8, no. 2 (2022): 213–23. https://doi.org/https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1509.
M.Pd, Prof. Dr. Suwarto, and Moh. Zain Bin Musa Ph.D. “Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal Pendidikan 31, no. 1 (2022): 109–20. https://doi.org/10.32585/jp.v31i1.2269.
Manurung, M. Arif Pratama, Maulana Yontino, Afrida Yanti, Ezra Aisaura Maya Masita, and Inom Nasution. “Perencanaan Evaluasi Pembelajaran Terhadap Pengembangan Sekolah.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 4, no. 2 (2023): 121–33. https://doi.org/https://doi.org/10.59059/tarim.v4i2.126.
Nurjanah, Maya, Farah Fauzia, and Siti Fatonah. “Implementasi LOTS Dan HOTS Pada Soal Tema 3 Kelas 1 MI/SD.” Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran 3, no. 2 (2021): 70–79. https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.36.
Ramadhan, Rachmad, and Fasich Nur Firdaus. “Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Bahasa Arab Kelas XII Di SMA Al-Izzah IIBS Malang.” Tsaqofiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 2022. https://doi.org/10.21154/tsaqofiya.v4i1.49.
Richey, Rita C., and James D. Klein. Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. New York: Routledge, 2009. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203826034.
Ritonga, Mahyudin, Hanomi Hanomi, and Ellia Roza. “Analysis of Language Materials and Their Presentation in Arab Language Textbooks.” Ruhama: Islamic Education Journal 6, no. 1 (2023): 33–48. https://doi.org/https://doi.org/10.31869/ruhama.v6i1.4294.
Sinaga, Yosepa Elda, and Muhammad Yusuf. “Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Asam Basa.” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 3 (2023): 10143–51. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/436.
Widayanto, Widayanto. “Peningkatan Kemampuan Guru Bahasa Inggris KKM MAN 1 Malang Dalam Menyusun Butir Pilihan Ganda Melalui Collaborative Assistence.” Jurnal Diklat Keagamaan 14, no. 2 (2020): 124–35. https://doi.org/https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i2.161.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurmalia, Muhammad Hattab, Imroatul Muthoharoh, Muslim Muslim, Nur Qomari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.