Dinamika Perubahan dalam Peran dan Tanggung Jawab Guru dan Dosen Setelah Implementasi UU RI No 14 Tahun 2005

Authors

  • Baiq Titin Hidayati Universitas Islam Negeri Mataram
  • Abdul Quddus Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1094

Keywords:

Peran Dan Tanggung Jawab Gru dan Dosen UU 14 Tahun 2005

Abstract

Tahun 2005 pemerintah Indonesia menetapkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 (UU No. 14/2005) tentang Guru dan Dosen di Negara Republik Indonesia sebagai bagian dari upayanya untuk memperbaiki sistem pendidikan Indonesia. Undang-undang tersebut mengatur berbagai aspek terkait guru dan dosen, termasuk kualifikasi, hak, dan tanggung jawabnya. Sebagai dampak dari undang-undang ini, terdapat perubahan signifikan dalam peran dan tanggung jawab guru dan dosen di seluruh negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menghasilkan data deskriptif melalui penelitian literatur. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang perbedaan peran mereka dalam praktik pengajaran sehari-hari dan konteks kebijakan pendidikan yang lebih luas. Kajian ini juga memberikan wawasan berharga bagi pengambil kebijakan pendidikan, pemerintah dan pemangku kepentingan sektor pendidikan serta membantu memastikan bahwa peran dan tanggung jawab guru dan dosen mendukung peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia berkualitas di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Idi. 2015. Dinamika Sosiologis Indonesia: Agama dan Pendidikan dalam Perubahan Sosial, Yogyakarta: PT. LKIS Pelangi Aksara.

Agustini, “Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran”, Jurnal Ilmiah Iqra’ Vol 12, No. 2 (2018): 107.

Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemah. Bogor: Creative Media Corp.

Heni Ani Nuraeni,” Impact On Teacher Certification Teacher Performance Improvement (Case Study In Madrasah Aliyah Muhammadiyah Setu, Serpong South Tangerang)”, Proceedings The 2nd International Multidisciplinary Conference 2016 November 15th ,016, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 803.

Juhji, “Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan”, Studi Didaktika, Vol. 10, No. 1 (2016): 52.

Marianah Ulfah Hoesny dan Rita Darmayanti, “Permasalahan dan Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka”, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 11, No. 2 (Januari- Mei 2021), 131.

Nella Agustin Dkk, Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasat), Yogyakarta: Uas Press, 2021, 253.

Riswadi. 2019. Kompetensi Profesional Guru, Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Said Hasan, Profesi dan Profesionalisme Guru, Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018, 1-2.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sunarto, “Analisis Kebijakan PAI di Sekolah (Dampak UU Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Bagi Guru Madrasah)” Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 6, No. 1 (Mei 2015), 2.

Sumiati, “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa The Teachers’ Role In Improving Learning Motivation”, Jurnal Pendidikan Agama Islam: Tarbawi, Vol 3, No. 2 (Juli-Desember 2018): 146.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Wukir R, “Kajian Terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru”, Lex Jurnalica 5, No. 3 (Agustus 2008), 187.

Zohriah, “Penerapan Undang-Undang No 14 Tahun 2005 Terhadap Pelaksanaan Sertifikasi Guru Di Kota Mataram”, Jurnal Hukum: Jatiswara, 40.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Baiq Titin Hidayati, and Abdul Quddus. 2024. “Dinamika Perubahan Dalam Peran Dan Tanggung Jawab Guru Dan Dosen Setelah Implementasi UU RI No 14 Tahun 2005”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1277-86. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1094.

Issue

Section

Articles