Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar

Authors

  • Mariun Universitas Islam Negeri Mataram
  • Abdul Quddus Universitas Islam Negeri Mataram
  • Emawati Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan karakter di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif  deskriptif dengan fokus pada pemahaman konsep dan implementasi kebijakan pendidikan karakter di sekolah. Selanjutnya penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dengan jenis studi pustaka/kepustakaan (library research) yang dimana pada proses pengumpulan data peneliti melakukan proses melalui kajian-kajian mendalam pada sumber literasi yang relevan terkait penelitian ini kemudian menarik sebah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan keefektifan implementasi kebijakan pendidikan karakter di sekolah dalam mengajarkan nilai-nilai positif kepada siswa, dengan fokus pada hubungan individu dengan Tuhan, diri sendiri, dan sesama manusia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariandy, Mohammad. 2019. “Kebijakan Kurikulum dan Dinamika Penguatan Pendidikan Karakter di Indonesia.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3(2): 137–68.

Dianti, Puspa. 2014. “Integrasi Pendidikan Karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 23(1).

Faturrahman, Faturrahman, Farid Setiawan, Windi Dwi Astuti, dan Khaliyatul Khasanah. 2022. “Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter.” Tsaqofah 2(4): 466–74.

Hakim, Nasrul, Yudiyanto Yudiyanto, Halimah Sa’diah, dan Eka Putri Setiana. 2020. “Manual Book Biology Scientific Camp: Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Outdoor Approach: Manual Book Biology Scientific Camp: Character Education Based On Outdoor Approach.” Biodik 6(1): 12–22.

Hasanah, Aan, Bambang Syamsul Arifin, Aang Mahyani, dan Aji Saepurahman. 2022. “Landasan Teori Pendidikan Karakter.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 6(1): 725–36.

Hidayati, Abna. 2014. “Desain kurikulum pendidikan karakter.”

Jasra, Radia, Rika Astuti, dan Muh Irham. 2020. “Analisis penerapan kebijakan berbasis karakter siswa di sekolah.” Jurnal Mappesona 3(3).

Kusnoto, Yuver. 2017. “Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada satuan pendidikan.” Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial 4(2): 247–56.

Laksana, Sigit Dwi. 2016. “Urgensi pendidikan karakter bangsa di sekolah.” MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman 5(2): 167–84.

Lickona, Thomas. 2019. Pendidikan karakter: Panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar & baik. Nusamedia.

Manullang, Belferik. 2013. “Grand desain pendidikan karakter generasi emas 2045.” Jurnal Pendidikan Karakter 4(1).

Mu’in, Fatchul. 2011. Pendidikan karakter. Scripta Cendekia.

Pendidikan Nasional, 2010. “Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.” p.

Setiawati, Nanda Ayu. 2017. “Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa.”

Sugiyono, Dr. 2010. “Memahami penelitian kualitatif.”

Suprayitno, Adi, dan Wahid Wahyudi. 2020. Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model pendidikan karakter dalam keluarga. Elex Media Komputindo.

Uno, Hamzah B. 2022. Landasan pendidikan. Bumi Aksara.

Yaumi, Muhammad. 2016. Pendidikan karakter: landasan, pilar & implementasi. Prenada Media.

Downloads

Published

2024-09-11

How to Cite

Mariun, Abdul Quddus, and Emawati. 2024. “Analisis Kebijakan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):997-1005. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.945.

Issue

Section

Articles