Analisis Pendidikan Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di Universitas Islam Negeri Mataram

Authors

  • Hanimalkan Universitas Islam Negeri Mataram
  • Abdul Quddus Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1103

Keywords:

Analisis Pendidikan, Pendidikan, BLU

Abstract

Badan Layanan Umum (BLU) di setiap instansi dan lembaga negara maupun daerah terkait erat dengan model pengelolaan yang efektif dan efisien. Model pengelolaan BLU memberikan keluasan berupa fleksibiliti untuk menerapkan praktek bisnis yang aman dalam meningkatkan pelayanan untuk Masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang pelaksanaan Badan Layanan Umum (BLU) di Universitas Islam Negeri Mataram. Universitas Islam Negeri Mataram ditetapkan sebagai pelaksana BLU penuh, sehingga pengelolaan keuangan di Universitas Islam Negeri Mataram juga berubah menjadi BLU, sehingga peneliti tertarik untuk menganalisa tentang bagaimana pelaksanaannya. Adapun permasalahan di dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan BLU di Universitas Islam Negeri Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, tehnik pengumpulan data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan BLU di UIN Mataram dimulai sejak tahun 2018 sejak dikeluarkannya Surat Keputusan (SK) tertanggal 9 Januari 2018, 2) Pelaksanaan BLU di UIN Mataram sama dengan institusi pemerintah lainnya, yakni diberikan keleluasaan untuk mengatur anggarannya sendiri.

Kata Kunci: Pendidikan, BLU

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdussamad, Zuchri. 2022. Buku Metode Penelitian Kualitatif. OSF Preprints.

Amany, Talitha Syahda, Dhiya Putri Maharani, dan Amrie Firmansyah. 2020. “Peran Pendapatan dan Ukuran Badan Layanan Umum Terhadap Akreditasi Badan Layanan Umum Pendidikan di Indonesia.” Jurnal Pajak dan Keuangan Negara (PKN) 2(1): 78–89.

An, Salin. 2018. “Kebijakan Kemenkew;/UIN Mataram.”

Bareta, Rizky Dian, Joko Santoso, dan Faisal Amin. 2020. “Peran Badan Layanan Umum dalam Politik Hukum Omnibus Law Cipta Kerja.” Jurnal Manajemen Perbendaharaan 1(1): 1–20.

Indonesia, Republik. 2005. “Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum.” Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2005.

Jaenudin, Jaenudin, Muhammad Nur Rianto Al Arif, dan Iif Fikriyati Ihsani. 2022. “Implementasi Kebijakan Tata Kelola Pembiayaan Badan Layanan Umum pada Universitas Islam Negeri.” Jurnal Perspektif 6(1): 62–73.

Maharani, Anggit, dan Wahyu Adi. 2013. “Analisis kinerja keuangan sebelum dan sesudah penerapan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum.” Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi 1(3).

Mathar, Fadhilah. 2012. “Pemanfaatan teknologi dalam menunjang implementasi good governance di badan layanan umum pemerintah.”

Miqdad, Muhammad, dan Tomy Rizky Izzalqurny. 2019. “Urgensi Implementasi Laporan Berkelanjutan (Sustainability Reports) Di Perguruan Tinggi.” BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen 13(3): 196–203.

NURSAFINAH, Evi. 2009. “Penetapan BLU bertahap berdasarkan kebijakan Departemen Keuangan pada RSP Dr. M. Goenawan Partowidigo.”

Pujiningsih, Sri. 2014. “Globalisasi Ekonomi: Korporatisasi Perguruan Tinggi (Peran Akuntansi dalam Tinjauan Teori Kritis Habermas).” Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan 3(1).

Sugiyono, Dr. 2010. Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Waluyo, Indarto. 2011. “Badan layanan umum sebuah pola baru dalam pengelolaan keuangan di satuan kerja pemerintah.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 9(2).

Downloads

Published

2024-09-29

How to Cite

Hanimalkan, and Abdul Quddus. 2024. “Analisis Pendidikan Sebagai Badan Layanan Umum (BLU) Di Universitas Islam Negeri Mataram”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1310-15. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1103.

Issue

Section

Articles