Peran Guru dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Santri di TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan

Authors

  • Muh. Herianto Universitas Islam Negeri Mataram
  • Syamsul Arifin Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1098

Keywords:

Peran Guru, Peningkatan Kualitas Membaca Al-Quran

Abstract

Guru adalah pendidik profesional, yang mendidik, mengajarkan suatu ilmu, membimbing, melatih, memberi penilaian, dan menilai santri. Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an di TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan mempunyai peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam pengajaran Al-Qur'an kepada santri. Jenis penelitian kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peran guru dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an di TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan, sebagai seorang pendidik guru menciptakan kondisi yang baik pada saat proses pembelajaran Al-Qur'an, dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran baghdadiyah, sorogan dan metode pembiasaan. Sebagai motivator, guru TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan berupaya menumbuhkan motivasi, mendorong santri belajar membaca Al-Quran. Sebagai evaluator, guru mengumpulkan data atau informasi tentang keberhasilan pembelajaran Al-Qur’an yang telah dilaksanakan. Faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kualitas membaca Alquran di TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan, proses pembelajaran Al-Qur’an tidak akan berjalan begitu saja tanpa adanya guru yang pejuang dan mempunyai kompetensi yang baik. Fasilitas yang tersedia berupa meja, papan tulis dan alat peraga serta alat penunjuk, buku iqro, Al-Qur'an, buku hafalan, buku pegangan tilawati, kartu prestasi santri untuk menunjang pembelajaran Al-Qur'an. Orang tua yang kurang memperhatikan anaknya, acuh tak acuh, tidak memperhatikan kemajuan belajar anaknya tentu akan menghambat keberhasilan anaknya dalam belajar Al-Qur’an. Dalam lingkungan TPQ yang kurang harmonis, anak yang menjadi korban perundungan akan mendapat tekanan yang menghambat kemajuan anak dalam belajar Al-Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Suryanti dkk. Evaluasi Pembelajaran di SD. Jakarta; Universitas Terbuka. 2008.

Aliwar. Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Qur'an Dan Manajemen Pengelola Organisasi (TPA) Dalam Al-Ta'dib. Kendari: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. 2016

Emzir. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. 2012.

Handayani, Isy Nur. Metode Sorogan Dalam kemampuan Membaca al Qur'an Pada Anak. Jakarta: Raja Grafindo. 2018.

Hawi, A. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers. 2014.

Kementerian Agama RI. 2010. Al Qur'an Terjemah. Bandung: CV. Jabal Raudotul Jannah.

Kompri. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Santri. Bandung: PT. Remaja Posdakarya. 2015.

Shihab. M. Quraish, Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peranan Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan. 1992.

Mernawati. Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al Qur’an Pada MTs Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kabupaten Maros. Diakses dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2723/1/full.pdf 8 Maret 2023 pukul 19.05 WIB. 2011.

Moh. Chadziq Charisma Tiga. Aspek kemukjizatan Al-Quran, Surabaya: Bina Ilmu. 1991.

Muhib Dan Muhammad Khair. Anakku Hafal Al-Qur’an. Solo: Qauna-Smart Media. 2005.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya. 2015.

Mushin, Ali. Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis Al-Quran di TPQ Miftahul Ulum Sumobito Jombang, Jurnal al-Murabbi, Vol 2 No 2. 2017.

Nurgiantoro, Burhan. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Yogyakarta: Bpfe-Yogyakarta. 2011.

Oemar Hamalik. Teknik Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan, Bandung: Mandar Maju. 1989.

Pupuh Fathurrohman dan Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama. 2007.

Purwanto, M. Ngalim. Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.

Rahmayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2010.

Retno Kartini, Kemampuan Membaca Dan Menulis Huruf Al-Qur’an Pada Santri SMP. Jakarta: Puslitbang Lektur Keagamaan. 2010.

Sarwono. Psikologi Sosial Individu dan Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka. 2009.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rajawali. 2010.

Syarifuddun, A. Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani. 2004.

Tim Penyusun. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. II. Jakarta: Balai Pustaka.2000.

Willis, Sofyan S. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2012.

Yunus, Mahmud. Metodik Khusus Bahasa Arab (Bahasa Al Qur’an), Jakarta; PT Hida Karya Agung. 1985.

Zakiah Daradjat. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2007.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Muh. Herianto, and Syamsul Arifin. 2024. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an Santri Di TPQ Darus Syifa Nahdlatul Wathan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1132-45. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1098.

Issue

Section

Articles