Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs NW Bagik Nyala

Authors

  • Muh. Herianto Universitas Islam Negeri Mataram
  • Syamsul Arifin Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1101

Keywords:

Peningkatan Motivasi Belajar, Motivasi Belajar, Peran Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran pengajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs NW Bagik Nyala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain kasus tunggal dalam kerangka studi kasus. Pengumpulan data menggunakan metode seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model analisis interaktif. Triangulasi data digunakan untuk memvalidasi keaslian data. Temuan penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan tingkat motivasi peserta didik di MTs NW Bagik Nyala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru untuk meningkatkan motivasi peserta didik mencakup penggunaan metode seperti pujian, penghargaan, pengulangan, dan hukuman. Mempertahankan motivasi belajar peserta didik sangatlah penting karena dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti motivasi intrinsik yang didorong oleh keinginan pribadi. Selain itu, faktor ekstrinsik yang berasal dari lingkungan seperti dukungan orang tua dan masyarakat juga berperan dalam membentuk motivasi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid. Learning Strategies. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013. Abdul Mujib. Islamic Education Science. Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

Ahmad Tafsir. Islamic Education Science. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013. Akmal Hawi. Competence of Islamic Education Teachers. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2014.

Aminah, S. (2012). Implementation of the Cooperative Integrated Reading and Composition Learning Model to Enhance Student Motivation. EL-BANAT: Journal of Islamic Thought and Education, 9(2), 177–196.

Ardianta, S. (2022). Strategies for Utilizing Fiction Literature as an Antidote to Radical Islamic Understanding among Students of UIN KHAS Jember. AMORTI: Jurnal Studi Islam Interdisipliner, 1(2), 122–130.

Dimyati and Mudjiono. Learning and Teaching. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010. Djaali. Educational Psychology. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2013.

E. Mulyasa. Competency Standards and Teacher Certification. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Hamzah B. Uno. Educational Profession. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Hadisi, L., Hakim, M. R., Musthan, Z., Nashihin, H., & Kendari, I. (2023).

Implementation of Learning Management In Building an Attitude of Religious Tolerance at State High Schools In The Muna District. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, (c), 1879–1892. https://doi.org/10.30868/ei.v12i03.4296

Hafidz, H. N. (2021). IMPLEMENTASI TOTALQUALITY MANAGEMENT (TQM) DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL HUDA YOGYAKARTA. As-Sibyan, 3(2), 37–50. https://doi.org/10.52484/as_sibyan.v3i2.189

Husaini Hasan, Hafidz, H. N. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media E-Learning dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Husna Nashihin, Yenny Aulia Rachman, Betania Kartika, Nurmasinta Fadhilah, T. H. (2023). Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme berhaluan Aswaja (M. D. Yahya, ed.). Lamongan: Academia Publication. Retrieved from https://idr.uin- antasari.ac.id/22876/2/Pendidikan TPQ Kontra Radikalisme Berhaluan Aswaja - 1-.pdf

Husna Nashihin. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. CV. Pilar Nusantara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=UBWiDwAAQBAJ

Ihsana El Khuloqo. Learning and Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017. Joko Subagyo. Research Methods. Jakarta: CV Rineka Cipta, 2004.

Jatmiko Wibisono, Hafidz, Iffat Abdul Ghalib, H. N. (2023). Konsep Pemikiran Pembaharuan Muhammadiyah Bidang Pendididkan (Studi Pemikiran Muhammad Abduh). Attractive : Innovative Education Journal, 5(2), 514–522.

Kholish, A. (2022). Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern sebagai Upaya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (Studi di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes). JIPSI: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sains Islam Interdisipliner, 1(1), 1–12.

Kompri. Learning Motivation from the Perspectives of Teachers and Students. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Moleong, Lexy. 2010. Qualitative Research Methodology. (Bandung: Remaja Rosdakarya). Moh. Karim. Qualitative-Quantitative Research Methods, 2nd ed. Yogyakarta: UIN-Maliki Press, 2010.

Muhibbin Syah. Learning Psychology. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Mukhtar. Practical Methods of Descriptive Qualitative Research. Jakarta: Referensi, 2013. Nana Sudjana. Active Learning Methods in the Learning-Teaching Process. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2010.

------. Guidelines for Crafting Academic Papers - Theses - Dissertations. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2001.

Nashihin, H. (2019). Analisis Wacana Kebijakan Pendidikan (Konsep dan Implementasi). CV. Pilar Nusantara. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=SXcqEAAAQBAJ

Nashihin, Husna. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Pesantren. Formaci.Retrieved fromhttps://books.google.co.id/books?id=X27IDwAAQBAJ

Noor, Al Mujahidin, Nashihin, Husna, M. (2022). Teori dan Analisis Wacana Keadilan serta Kesetaraan Gender pada Perempuan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Nurul Umah Fijanati, Hafidz, Sukadi, H. N. (2023). Etika Dakwah Menurut Pandangan Habib Husein Jafar Al Hadar dalam Channel Youtube Jeda Nulis. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Rhain, A., Nashihin, H., & Srihananto, T. H. (2023). Tahsin Reading Assistance for Islamic Boarding School Tahfidz Qur ’ an Muhammadiyah Daarul Arqom Sawahan Ngemplak Boyolali. 2(1), 27–44.

Sarwadi, S., & Nashihin, H. (2023). Character Education between The Western Context and Islamic Perpective. Al Hikmah: Journal of Education, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.54168/ahje.v4i1.146

Sumarjoko, Braham Maya Baratullah, A. A., Musthan, Z., Ulfa, H., Sarwadi, Ahmadi, & Nashihin, H. (2023). Pesantren Property : Case study in Pesantren Property Ploso , Banguncipto Village , Sentolo District , Kulon Progo Regency. Namibian Studies, 33, 3399–3415.

Sardiman. Interaction and Learning Motivation. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012. Slameto. Learning and Influencing Factors. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

Sri Minarti. Islamic Education Science. Jakarta: Amzah, 2013. Sudarwan Danim. Educational Profession. Bandung: Alfabeta, 2010.

Sugiyono. Understanding Qualitative Research. Bandung: Alfabeta, 2013.

--------. Quantitative and Qualitative Research Methods and R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

--------. Management Research Methods. Bandung: Alfabeta, 2013.

--------. Education Research Methods (Quantitative, Qualitative, and R & D Approaches). Bandung: Alfabeta, 2012.

Syaiful Anam, H. N. (2023). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, Eksperimen, dan R&D). Padang: PT GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. Retrieved from https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Penelitian_Kualitatif_Kuantit atif/w-bFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Triana, N., Yahya, M. D., Nashihin, H., Sugito, S., & Musthan, Z. (2023). Integrasi Tasawuf Dalam Pendidikan Islam dii Pondok Pesantren. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(01), 299–314. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2917

Ulfa, H., Kurniandini, S., & Ihsan, A. M. (2023). The Enforcement of Marriage Law ( No 16 of 2019 ) Through The Ambassadors of Child Marriage Prevention in Tembarak District , Temanggung Regency I . Introduction. Pena Justisia: Media Komunikasi Dan Kajian Hukum, 22(1), 309–325.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Muh. Herianto, and Syamsul Arifin. 2024. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di MTs NW Bagik Nyala”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1547-58. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1101.

Issue

Section

Articles