Sumbangan Studi Al-Qur’an Bagi Pendidikan

Authors

  • Zulhijrah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Bella sinta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Mahmud Arif Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1110

Keywords:

Sumbangan Studi, Al-Qur’an, Pendidikan

Abstract

Studi Al-Qur'an memiliki sumbangan yang signifikan bagi pendidikan, pemahaman yang mendalam tentang ajaran agama Islam yang terkandung dalam Al-Qur'an memperdalam pengetahuan siswa tentang nilai-nilai, prinsip moral, dan etika Islam. Hal ini membantu siswa dalam membangun landasan agama yang kuat dan memahami nilai-nilai yang mendasari pendidikan mereka. Studi Al-Qur'an juga memberikan wawasan yang lebih baik tentang budaya Islam. Siswa belajar tentang sejarah Islam, tradisi, dan nilai-nilai yang dianut oleh umat Muslim. Ini membantu mereka dalam menghargai keragaman budaya di dunia dan memperluas pemahaman mereka tentang masyarakat Islam. Al-Qur'an juga berkontribusi dalam pengembangan keterampilan moral dan etika siswa. Dalam studi Al-Qur'an, siswa diajarkan nilai-nilai etika yang mendasari Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan rasa saling menghormati. Ini membantu siswa dalam mengembangkan karakter yang baik dan memperkuat dasar moral dan etika mereka. studi Al-Qur'an juga berperan dalam memperkuat keterampilan bahasa Arab siswa. Al-Qur'an Ini membuka peluang untuk studi dan pemahaman yang lebih luas tentang sastra Arab dan sejarahnya. Studi Al-Qur'an melibatkan pemikiran kritis dan analitis. Siswa diajarkan untuk membaca, menganalisis, dan menginterpretasikan teks-teks Al-Qur'an. Hal ini mendorong mereka untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis serta memahami konteks historis dan budaya di balik ayat-ayat Al-Qur'an. Sumbangan Al-Qur'an bagi pendidikan adalah mempromosikan toleransi dan pemahaman antaragama. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang Al-Qur'an, siswa dapat membangun penghargaan terhadap nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dan memahami persamaan serta perbedaan antara agama-agama. Secara keseluruhan, studi Al-Qur'an memiliki sumbangan yang luas dan signifikan bagi pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atiqah, A. (t.thn.). Konsep Tarbiyah dalam Alquran. Analytica Islamica, 7(1).

Fatih, M. R. (2018). Model Kepemimpinan dan PengembanganPotensi Pemimpin Pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 4(2).

Hamzah Djunaid, “Konsep Pendidikan Dalam Alquran; Sebuah Kajian Tematik”, Makasar: Jurnal Lentera Pendidikan UIN Allaudin Makasar, Vol. 17 NO. 1 Juni 2014

Hasan, A. M. (2000). Studi Islam, Alquran dan As Sunnah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

M. Shihab, Q. (1992). Membumikan Alquran. Bandung: Mizan.

Masduki, Y. (2016). Kontribusi Keilmuan Alquran Bagi Umat Islam. Medina-Te, Jurnal Studi Islam, 14(2).

Nasiri. (2019). Posisi Alquran Dalam Studi Keislaman. Tasyri’, 26(1).

Saleh, A. A. (1994). Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Alquran, terj. H. M. Arifim dan Zainuddin. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Zulhijrah, Bella sinta, and Mahmud Arif. 2024. “Sumbangan Studi Al-Qur’an Bagi Pendidikan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1316-25. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1110.

Issue

Section

Articles