Perkembangan dan Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Authors

  • Achmad Audi Pratama Jojang Audi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Tasman Hamami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Moh Luthfih Gonibala IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Farhan Moh Fahrurozi Bonde IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1210

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan, Problematika

Abstract

Artikel ini menyelidiki evolusi kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia sepanjang sejarah, menggambarkan perubahan dari masa prakemerdekaan hingga era reformasi. Metode dokumentasi digunakan dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber. Sejak kedatangan Belanda pada 1695, pendidikan Islam tetap berlanjut, dan VOC mendorong pendirian sekolah Islam. Pembentukan Kementerian Agama pada 1946 memberikan dorongan signifikan, sementara masa Orde Baru melihat perubahan kurikulum pada tahun 1962, 1968, 1975, 1984, 1994, dan Suplemen 1999. Kurikulum PAI mencerminkan evolusi dari fokus agama dan hafalan teks ke integrasi dengan ilmu pengetahuan umum. Meskipun ada kemajuan, masih ada tantangan seperti kurangnya pemikiran kritis, pembelajaran aktif yang kurang, dan penilaian yang terlalu kognitif. Reformasi mendalam diperlukan untuk menjaga relevansi kurikulum dengan kebutuhan zaman, mempertahankan identitas Islam tanpa mengorbankan esensi ajaran, dan meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan krisis moral.

 

Kata Kunci : Kurikulum, Pendidikan, Problematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, Nunu. 2010. Pendidikan Agama Di Indonesia: Gagasan Dan Realita. Jakarta: Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Akhyar, Aidil, and Mohamad Erihadiana. 2021. “Teacher’S Effort in the Development of Islamic Religious Education Curriculum in Sma Negeri 1 Kerinci.” Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam 10 (2): 353–60. https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.7582.

Ali, Hasan. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendkatan Praktek,. Jakarta: Rineka Cipta.

Asfiati. 2020. Visualisasi Dan Virtualisasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Versi Program Merdeka Belajar Dalam Tiga Era (REvolusi Industri 5.0, Era Pandemi Covid-19, Dan Era New Normal. Edited by Ihwanuddin Pulungan. Jakarta: Kencana.

Azizah, Riawati. 2022. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Implementasi Pembelajaran PAI Siswa Madrasah Diniyah Nurul Huda Pasuruan.” TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam 7 (01): 01–15. https://doi.org/10.26618/jtw.v7i01.4742.

Baruta, Yusuf. 2023. Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah. Lombok Tengah: Pusat Peengembangan Pendidikan dan Penelitian Indoensia.

Ceo, Coan. 2018. “Makalah Perkembangan Kurikulum Madrasah/Sekolah Masa Reformasi.” Blogspot.Com. 2018. https://makalahkampus15.blogspot.com/search?q=kurikulum+madrasah.

Dhaifi, Ahmad. 2018. “Perkembangan Kurikulum Pai Di Indonesia.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 76–88. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.47.

Muhaimin. 2003. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum Hingga Redefinisi Islamisasi-Pengetahuan. Bandung: Nuansa.

Mulyadi. 2010. Evaluasi Pendidikan; Pengembangan Model Evaluasi Pendidikan Agama Di Sekolah. Malang: UIN-Maliki Press.

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nata, Abuddin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Edited by Angkasa. Cet 1. Bandung.

Nurhasanah, and Arief Sukino. 2022. “Perkembangan Dan Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Indonesia Dari Masa Ke Masa.” Jurnal Alwatzikhoebillah : Kajian Islam, Pendidikan, Ekonomi, Humaniora 8 (2): 142–55. https://doi.org/10.37567/alwatzikhoebillah.v8i2.1517.

Ozar, T. D. 2018. “Identifying Learning Objectives and Assessing Ethics Across the Curriculum Programs. In Ethics Across the Curriculum-Pedagogical Perspectives.” Springer International Publishing, 55–71. https://doi.org/10,1007/978-3-319-78939-2_4.

Prasodjo, Sudjoko. 1982. Profil Pesantren Laporan Hasil Penelitian Pesantren Al-Falak Dan Delapan Pesantren Lain Di Bogor. Jakarta: LP3ES,.

RI, Kemenag. 2021. “SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DAN ORGANISASI DITJEN PENDIDIKAN ISLAM.” From Dirjen Pendis Kemenag RI. 2021. https://pendis.kemenag.go.id/profil/sejarah.

Ritonga, M. 2018. “Politik Dan Dinamika Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Hingga Masa Reformasi.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(2): 88–102. http://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/212.

Sanaky, Hujair AH. 2003. Paradigma Pendidikan Islam; Membangun Masyarakat Madani Indonesia. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Safira insinia Press.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran: Teori Dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiawati. 2022. “Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran Di Sekolah.” Nizamul Ilmi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7 (1): 1–7.

Suhartono, Toto. 2011. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Ar Ruzz Media.

Thoha, Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wahyuni. 2015. “Kurikulum Dari Masa Ke Masa.” Al-Adabiyah 10 (2): 234.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Audi, Achmad Audi Pratama Jojang, Tasman Hamami, Moh Luthfih Gonibala, and Farhan Moh Fahrurozi Bonde. 2024. “Perkembangan Dan Problematika Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1648-64. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1210.

Issue

Section

Articles