Kompetensi Profesional Guru PAI Pasca Sertifikasi di SMP Negeri sek-kecamatan Danurejan Yogyakarta

Authors

  • Ovi Soviya kakak kandung
  • Tasman Hamami UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.756

Keywords:

Kompetensi, Profesioanl, Guru, Sertifikasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis apa saja kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi dan bagaimana upaya-upaya guru PAI dalam mengembangkan kompetensi profesionalnya pasca sertifikasi di SMP Negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta. metode penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi meliputi observasi lingkungan sekolah dan proses pembelajaran, wawancara mendalam dan dokumentasi administrasi sekolah serta kegiatan-kegiatan. Setelah seluruh data ditemukan maka data diolah dengan analisis kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini, yaitu 1) Kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi di SMP Negeri se-kecamatan Danurejan Yogyakarta sudah cukup memuskan dan sesuai dengan kriteria-kriteria guru profesional sebagaimana yang diharapkan, dilihat dari kesiapan guru sebelum melakukan proses mengajar dan pada saat proses pembelajaran berlangsung seperti guru mampu mengelolah kelas, menguasai materi ajar, menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi serta melakukan penilian hasil belajar peserta didik, 2) pengembangan kompetensi profesional guru PAI pasca sertifikasi dilakukan dengan menganalisis kebutuhan peserta didik pada saat pembelajaran di kelas, dengan cara mengikuti musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), pelatihan, seminar, studi lanjutan strata 2, dan pemanfaatan jurnal agar dapat meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Kata kunci: Kompetensi, Profesioanl, Guru, Sertifikasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwan, Muzhoffar, Peningkatan Dan Standarisasi Mutu Pendidikan, Jurnal Jurusan Tarbiyah, Ivol VIII, No VI, 2003.

Darmawan, C. Implementasi Kebijakan Profesi Guru Menurut Undang-Undang Republic Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen dalam Perfektif Hukum Pendidikan. Jurnal Wacana Paramata: Jurnal Ilmu Hukum, Vol 19, No 2, 2020.

Dwi, S., Nasution, F., Indria, S., & Hadi, W. Pentingnya Media Pembelajaran Digital Dalam Mensukseskan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi. In Prosiding Seminar Nasional Pbsi-Iv Tahun 2021 Tema: Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Berbasis Digital Guna Mendukung Implementasi Merdeka Belajar, 2021.

Huberman, A. Michael dan Saldana Matthew B. Miles, Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook Terjemahan H. Salmon (UI Press), 2014.

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2008.

Mustafa, Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Di Indonesia, Jurnak Ekonomi Dan Pendidikan, Vol 4, No 1, 2007.

Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Marintis, Yamin, Profesionalisasi Guru Dan Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Jakarta: Gaung Persada Press), 2006.

Notanubun, Zainuddin, ‘Pengembangan Kompetensi Profesionalisme Guru di Era Digital (Abad 21)’, Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 3.2, 2019.

Pemerintah RI, UU RI Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.

Rasyid, Aguswan, Trisnelly, dan Mahyudin Ritonga, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat Pasca Sertifikasi, Jurnal Ruhama: Jurnal Islamic Education Journal, Vol 3, No 1, 2020.

Rofa’ah, Pentingnya Kompetensi Guru Dalam Kegiatan Pembelajaran Dalam Persepktif Islam

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2014)

Setiawan, A. A. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi Jawa Barat: CV Jejak, 2018.

Syaiful & Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Tinselly. Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Pasaman Barat Pasca Sertifikasi. Jurnal Ruhama: Jurnal Islamic Education Jurnal, Vol 3, No 1, 2020.

Taruna, Mulyani Mudis, Perbedaan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Studi Kompetensi Guru PAI , Tersertifikasi Dan Belum Tersertifikasi Di MTS Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan), Jurnal Analisa. Vol XVIII, No 2, 2011., Nur. (2008uari 2017, hlm: 105.ma Islam

Downloads

Published

2024-03-20

How to Cite

Ovi Soviya, and Tasman Hamami. 2024. “Kompetensi Profesional Guru PAI Pasca Sertifikasi Di SMP Negeri Sek-Kecamatan Danurejan Yogyakarta”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (1):203-14. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i1.756.

Issue

Section

Articles