Fungsi Kurikulum Dalam Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.545Keywords:
Fungsi, Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan, IslamAbstract
Penelitian ini dilakukan guna untuk menemukan formulasi yang tepat dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam ke arah yang lebih baik lagi, khususnya dalam mengatur fungsi kurikulum agar sesuai dengan kapasitas bagiannya. Perubahan formulasi baik dalam hal administrasi maupun proses pelaksanaan yang tidak sesuai membuat masalah baru sehingga pendidikan di Indonesia tampak kebingungan dalam mengatasinya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu library research. Adapun teknik dalam mengumpulkan datanya dengan mencari seluruh bahan dari jurnal dan buku yang berkaitan dengan fungsi kurikulum dalam mengembangkan kurikulum Pendidikan Agama Islam. Kemudian analisis datanya menggunakan format deskriptif analitik dengan menjelaskan permasalahan utama serta merekomendasikan solusi terkait ketidakmaksimalan penerapan fungsi kurikulum dalam mengembangkan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa pembahasan mengenai pengembangan Kurikulum khususnya dalam Pendidikan Agama Islam diwajibkan untuk melakukan penyesuaian terhadap fungsi kurikulum bagi Peserta Didik, Pendidik, Kepala Madrasah, Orang Tua, Madrasah dan masyarakat sesuai dengan porsinya masing-masing.
Downloads
References
Achmad, G. H. (2021). KEDUDUKAN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. YASIN : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(2), 246–261. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin
Achruh, A. (2019). KOMPONEN DAN MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM. 8(1), 1–9.
Alfarisi, S. (2020). Analisis Pengembangan Komponen Kurikulum Pendidikan Islam di Madrasah Diniyah. Rayah Al-Islam, 4(2), 347–367. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.346
Almu’taslim, A. (2019). Konsep Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Perspektif Prof. Dr. MUHAIMIN, MA. PENA ISLAM, 2(2), 54–67.
Ashori, M. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 41–50.
Azis, R. (2018). IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KURIKULUM. 7(1), 44–50.
Drajat, M. (2018). SEJARAH MADRASAH DI INDONESIA. Al-Afkar : Jurnal for Islamic Studies, 1(1), 196–206. https://doi.org/10.5281/zenodo.1161729
Elman, M., & Mahrus. (2020). Telaah Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. AKADEMIKA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 117–130.
Hermawan, Y. C., Juliani, W. I., & Widodo, H. (2020). KONSEP KURIKULUM DAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 34–44. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.4720
Ilhami, R. (2021). PENDALAMAN MATERI STANDAR ISI DAN STANDAR PROSES KURIKULUM PENDIDIKAN INDONESIA. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 1(1), 93–99.
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157–182. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Larasati, A. D., Dinda, D., Aidah, N. A., Gustiputri, R., Neisya, S., & Isyak, R. (2022). ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM BEASISWA KARTU INDONESIA PINTAR-KULIAH (KIP-K) DI UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Studi Kebijakan (JIASK), 5(1), 1–22.
Mubarok, R. (2021). PERAN DAN FUNGSI KURIKULUM DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL THE ROLE AND FUNCTION OF THE CURRICULUM IN MULTICULTURAL ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING. Jurnal Studi Islam Lintas Negara, 3(2), 75–85.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422–438. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jartika
Mustaqim, I. (2019). PENGARUH KOMPETENSI DOSEN, KURIKULUM DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Jornal, 1(1), 63–75.
Octofrezi, P. (2020). Menakar Kebijakan Pendidikan Nasional dan Pendidikan Islam Di Indonesia Era Reformasi (Presiden Habibie Sampai Presiden Jokowi Jilid 1). Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 13–38.
Pane, M., & Aly, H. N. (2023). Orientasi dan Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Journal on Education, 05(02), 6165–6171.
Pranoto, I., Ediantes, & Siahaan, V. D. (n.d.). FILSAFAT PENDIDIKAN SEBAGAI KONSEP PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN SENI DI INDONESIA.
Prasetyo, D., & Irwansyah. (2020). MEMAHAMI MASYARAKAT DAN PERSPEKTIFNYA. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 163–175. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Qolbi, S. K., & Hamami, T. (2021). Impelementasi Asas-asas Pengembangan Kurikulum terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1120–1132. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.511
Ramedlon, &, & Wiwinda. (2022). Konsep Dan Kedudukan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Madrasah Dalam UU Sisdiknas 2003. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 3(1), 19–27. http://ejournal.stit-alquraniyah.ac.id/index.php/jpia/
Rasyidi, M. (2019). INOVASI KURIKULUM DI MADRASAH ALIYAH Oleh. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 33–50.
Rifa’i, M. (2018). MANAJEMEN PESERTA DIDIK (Pengelolaan Peserta Didik Untuk Efektivitas Pembelajaran) (Vol. 1).
Rohman, F. (2018). MANAJEMEN KURIKULUM DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Nizhamiyah, 8(2), 22–42.
Rumbewas, S. S., Laka, B. M., & Meokbun, N. (2018). Peran Orang Tua Dalam Miningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2), 201–212.
Syamsuddin. (2018). PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM. JURNAL IDAARAH, 2(1), 86–98.
Taufik, A. (2019). PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM. El-Ghiroh, 17(2), 81–102.
Tubulau, I. P. (2020). Kajian Teoritis Tentang Konsep Ruang Lingkup Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 2(1), 27–38. https://doi.org/10.37364/jireh.v2i1.29
Utomo, S. T., & Ifadah, L. (2020). INOVASI KURIKULUM DALAM DIMENSI TAHAPAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 3(1), 19–38.
Wulandari, R., Choirun’nisa, F. M., Aisy, N. R., & Riduan. (2022). PENGELOLAAN MANAJEMEN KURIKULUM ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN BUNDA ROSA DESA LANGKAN 1 BANYUASIN III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 164–174.
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 263–278. http://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rido Awal Pratama, Tasman Hamami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.