Pembiasaan Program Ubudiyah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Pada Siswa SMA Maarif NU Pandaan

Authors

  • Siti Chotijah Universitas Yudharta Pasuruan
  • Anang Solikhudin Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhamad Nur Hadi Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1344

Keywords:

Pembentukan Karakter, Karakter Disipin, Pembiasaan Ubudiyah

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan penjelasan terhadap pembentukan karakter disiplin dalam program pembiasaan ubudiyah, serta faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam penelitian ini. Artikel ini memfokuskan kajiannya terhadap program ubudiyah dalam peningkatan kedisiplinan siswa di SMA Maarif NU Pandaan. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang mendalam. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara kepala sekolah, kesiswaan dan siswa osis, observasi di kelas dan lingkungan sekolah serta dokumentasi. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Mendeskripsikan pembentukan karakter Disiplin siswa. Peneliti dapat mendeskripsikan bagaimana penerapan pembiasaan program ubudiyah di SMA Maarif NU Pandaan 2) Pembiasaan Ubudiyah dalam membentuk karakter Disiplin siswa. Peneliti dapat menjelaskan Bagaimana dampak penerapan pembiasaan program ubudiyah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan di SMA Maarif NU Pandaan. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembiasaan ubudiyah. Dalam hal ini faktor pendukungnya adalah adanya sumber literasai soft file maupun hard file pada panduan Ubudiyah, dan semangat para guru dalam mengajar dan membiasakannya, faktor penghambatnya kurangnya peran orang tua di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, Jamrad. 2010. Pembinaan Disiplin Kelas Bagi Siswa Taman Kanak-Kanak.

Haris, Abdul. 2017. "Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam." Jurnal Pendidikan Islam Diakses pada tanggal 2 September 2017.

Hasanah, U., Imamah, K., & Wardi, M. (2022). Pembinaan Sikap Disiplin Mahasiswi melalui Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswi Ma’had. CENDEKIA, 14(02), 353-364.

Khoiriyah, S. R. B., Kirom, A., & Abdullah, M. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di SMA Tri Bhakti Wonorejo. An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan), 2(4), 88-94.

Mutnaeni, S., Marzuki, A., & Kirom, A. (2022). Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Pada Anak Di Keluarga Beda Agama (Studi Kasus di Desa Kayu Kebek, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan). Journal Multicultural of Islamic Education, 6(1), 8-15.

Nadia, S. 2018. "Pengaruh Pelaksanaan Program Keagamaan Terhadap Kedispilinan

Siswa Di SMP Islam Terpadu Abdurrab Boarding Scchool Pekanbaru." Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2018.

Rahmawati, F. Penerapan Budaya Religius dalam Membentuk Karakter Keagamaan

Siswa di MIN 2 Kota Malang. Malang: Universitas Islam Malang, 2019.

Sa'diyah, H., Sholikhudin, M. A., & Sholihun, M. (2020). Pendampingan Model Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pai Di Sd Riyadlul Arkham Tembong Plintahan Pandaan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47-62.

Sapitri, A., Amirudin., & Maryati, M. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Revitalisasi Pendidikan Karakter. Journal for Islamic Studies, 252-266.

Warsah, I., Angdreani, V., & Karolina, A. (2020). Implementasi Metode Pembiasaan: Upaya penanaman nilai-nilai islami siswa SDN 08 Rejang Lebong. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Siti Chotijah, Anang Solikhudin, Achmad Yusuf, and Muhamad Nur Hadi. 2024. “Pembiasaan Program Ubudiyah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Pada Siswa SMA Maarif NU Pandaan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):524-35. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1344.

Issue

Section

Articles