Implementasi Inquiry Learning pada Materi PAI Kelas X DI SMK Darul Ulum Purwodadi Pasuruan

Authors

  • Yusti Aulia Wuni Universitas Yudharta Pasuruan
  • Wiwin Fachrudin Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Anang Sholikhudin Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.570

Keywords:

Implementasi, Inquiry Learning, Materi PAI

Abstract

Implementasi atau penggunaan metode inquiry digunakan oleh pendidik sebagai inovasi dalam penyampaian materi. Terlebih pada penyampaian materi PAI dikarenakan pendidik menginginkan agar proses belajar dan mengajar lebih dapat aktif dan melatih kreatifitas berfikir peserta didik. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat efektifitas penerapan menggunakan metode inquiry learning pada proses pembelajaran PAI di SMK Darul Ulum Purwodadi pasuruan dengan identifikasi masalah sebagai berikut: (1) Masih banyak peserta didik yang kurang bisa aktif selama berlangsungnya proses pembelajaran. (2) Kurangnya rasa percaya diri pada diri peserta didik dalam mengungkapkan atau menyampaikan pengetahuan yang mereka ketahui selama proses pembelajaran. (3) Agar dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang diberikan oleh pendidik. Metode pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan untuk penggalian data adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. (1) Implementasi, metode inquiry merupakan serangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada cara berpikir pada peserta didik agar menjadi lebih kritis dan analisis dalam menemukan sebuah jawaban. proses berpikir tersebut yang terjadi dengan proses interaksi antara pendidik dan peserta didik. Disini pendidik hanya sebagai fasilitator serta pengatur berjalannya proses pembelajaran Karena pendidik ingin membiasakan peserta didik agar mampu berfikir kritis dan inovatif dalam menanggapi sebuah permasalahan. (2) Kelebihan dan Kekurangan, (a) Kelebihan, Dalam proses prmbelajaran dengan menggunakan metoe inquiry maka kelebihannya yaitu: Peserta didik menjadi lebih aktif dan kritis lagi, Proses pembelajaran lebih terasa hidup lagi, dan Melatih kemampuan keberanian berbicara pada peserta didik. (b) Kekurangan, Adapun kendala atau kekurangan yang dihadapi ketika menggunakan metode inquiry yaitu: kurangnya pemahaman materi pada diri setiap peserta didik, dan Banyak peserta didik yang kurang percaya diri saat melakukan presentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annizar Khoirotul Izzah, Abdul Jalil, Arief Ardiansyah. “Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran PAI dI SMA Negeri 5 Malang.” Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 6 (2022).

Istikasari, Risa. “Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Pada Pembelajaran Tematik Tema 3 Kelas Iv Sekolah Dasar.” Snhrp, no. April (2022): 1019–1025.

Kurniawan, Rudi, and Syafriani Syafriani. “Praktikalitas Dan Efektivitas Penggunaan E-Modul Fisika SMA Berbasis Guided Inquiry Terintegrasi Etnosains Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 5, no. 2 (2021): 135–141.

Robiyanto, Agus, and Suhandi Astuti. “Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas IV Sekolah Dasar.” Fondatia 6, no. 3 (2022): 727–741.

Sara Damayanti. “Implementasi Manajemen Kurikulum di MA Nurul Iman Sidodadi Pringsewu Skripsi” (2019).

Sholikhah, Fitria Nur, and Zakiyatul Wahidah. “Penggunaan Metode Pembelajaran Guru Biologi Di Pasuruan: Analisis Persepsi Siswa.” ALVEOLI: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2021): 16–29.

Solichin, Mohammad Muchlis. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Discovery Dalam Pendidikan Agama Islam.” Tadris 12, no. 2 (2017): 214–231.

Wiwin Fachrudin Yusuf, S.Ag., MA. METODE PEMBELAJARAN (Strategi, Model Metode, Dan Teknis), 2023.

Wiwin Fachrudin Yusuf, Wiwin Fachrudin Yusuf. “Media Limbah Botol Untuk Meningkatkan Pembelajaran Pai Di Ra Miftahul Khoir I Karangrejo Purwosari.” Jurnal Al-Murabbi 1, no. 1 (2017): 117–140.

“Hasil Wawancara Online Melalui Media Whatsapp Dengan Peserta Didik SMK Darul Ulum Purwodadi Kelas X TKR 1 Yang Bernama Joko”

“Wawancara Secara Langsung Kepada Bapak Andri Selaku Pendidik PAI Di SMK Darul Ulum Pada Jum’at 12 Januari 2023 Pukul 08.30”

“Wawancara Secara Langsung Kepada Bapak Eko Wahyudi Selaku Kepala Sekolah Di SMK Darul Ulum Pada Jum’at 12 Januari 2023 Pukul 10.00”

Published

2023-06-02

How to Cite

Yusti Aulia Wuni, Wiwin Fachrudin Yusuf, Anang Sholikhudin, and Achmad Yusuf. 2023. “Implementasi Inquiry Learning Pada Materi PAI Kelas X DI SMK Darul Ulum Purwodadi Pasuruan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):494-503. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.570.

Issue

Section

Articles