Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan

Authors

  • Wiwit Aprilia Universitas Yudharta Pasuruan
  • M. Jamhuri Universitas Yudharta Pasuruan
  • Achmad Yusuf Universitas Yudharta Pasuruan
  • Muhammad Nur Hadi Universitas Yudharta Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.553

Keywords:

wordwall web media, learning motivation, learning outcomes, history of Islamic culture

Abstract

Pembelajaran sejarah kebudayaan islam menekankan pada kemampuan mengambil ibrah/hikmah (pelajaran) dari sejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, IPTEK dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam pada masa kini dan masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 3 SMA Ma’arif NU Pandaan dengan menerapkan media pembelajaran web wordwall. Pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart ini memiliki beberapa dalam siklus ini memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, Tindakan, pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian menemukan bahwa media web wordwall dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimbawa, I. G. P. A. (2021). PenerapanWwordwall Game Quis berpadukan classroom untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 324–332. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244716

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.63

Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi dan motivasi belajar dengan konsep diri. Prosiding Seminar Nasional, 0291, 280–286.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei). PENERBIT TAHTA MEDIA GROUP.

Juanda, A. (2026). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish.

Maghfiroh, K., Roudlotul, M. I., & Semarang, H. (2018). Penggunaan Media Word Wall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jpk, 4(1), 64–70.

Mohammad Fikriansyah Idzi’ Layyinnati. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website (Wordwall) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 07 Paciran. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–32. https://doi.org/10.37286/jmp.v1i1.133

Putra, S. D., Aryani, D., & Ariessanti, H. D. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Gamifikasi Wordwall Di Era Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Daring. Terang, 4(1), 83–90. https://doi.org/10.33322/terang.v4i1.1453

Sulaisi. (2016). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningktakan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melaluistrategi Kooperatife Learning Kelas Viia Di Mts Negeri 02 Kabupaten Kepahiang Skripsi.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Wiwit Aprilia, M. Jamhuri, Achmad Yusuf, and Muhammad Nur Hadi. 2023. “Penerapan Media Web Wordwall Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMA Ma’arif NU Pandaan”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (4):1441-48. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.553.

Issue

Section

Articles