Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah Darunnajah - Jakarta)

Authors

  • Nur Fadlan STES Bhakti Nugraha
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara
  • M. Wahib MH Nahdlatul Ulama
  • Achmad Sudrajat BAZNAS RI
  • Samiyono STAI Darunnajah

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.586

Keywords:

Pramuka, Disiplin, MTs Darunnajah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MTs Darunnajah Jakarta dan hubungannya dengan peningkatan karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MTs Darunnajah Jakarta berjala dengan baik. Faktor-faktor pendukung ekstrakurikuler pramuka di MTs Darunnajah Jakarta adalah dukungan kepala sekolah, ketersediaan tenaga pengajar ektrakulikuler pramuka, infrastruktur dan sarana ektrakulikuler pramuka, partisipasi dan dukungan dari orang tua, kolaborasi dengan pihak luar, minat dan partisipasi peserta didik. Faktor-faktor penghambat pelaksanaan estrakurikuler pramuka di MTs Darunnajah Jakarta adalah keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, tidak cukupnya guru ektrakulikuler pramuka terlatih. Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka di MTs Darunnajah Jakarta dapat meningkatkan karakter disiplin siswa. Ekstrakurikuler pramuka di MTs Darunnajah Jakarta mendidik dan mengajar peserta tentang pentingnya mengikuti aturan, bekerja secara teratur, menghormati orang lain, bertanggung jawab, dan mengembangkan sikap disiplin dalam berbagai aspek kehidupan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Ni’matul., Asmariani., Komariah, Nur., & Murtopo, Ali. (2022). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Pramuka pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Al-Afkar: Jurnak Keislaman dan Peradaban. Vol. 10 No. 1, April 2022.

Asmani, J. M. (2013). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah (Cetakan VI). Jogjakarta: Diva Press.

Aqib, Zainal. (2012). Pendidikan Karakter Di Sekolah Membangun Karakter Kepribadian Anak. Bandung: Yrama Widya.

Dahlan, Kh. Ahmad., & Dahlan, Nyi Hj. Ahmad. (2008). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar 2008. Purwokerto: Lemdika Gerakan Pramuka.

darunnajah.com

Gunawan, H. (2014). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hartati, W. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Di SD Negeri 7 Tanjung Raja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). 2(2).

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. (2011). Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan Golongan Penggalang. Jakarta: Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Miles, Matthew B., & Huberman, A. Michael. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. California: Sage Publications.

Mukti, Muhammad Abdullah. (2011). Buku Panduan Pramuka.

Mursitho, Joko. (2010). Kursus Mahir Dasar untuk Pembina Pramuka. Kulonprogo: Kwarcab Kulon Progo.

Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri “X.” Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 7(1), 43.

Rahmatika, D. (2015). Buku Pintar Pramuka Edisi Pelajar. Jakarta: Bee Media Pustaka.

Sagala, Syaipul. (2009). Memahami Organisasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu. 24(2), 232–238.

Sutisna, Oteng. (1989). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa.

Utomo, Jati. (2015). Pelaksanaan Ektrakulikuler Pramuka di SD Negeri IV Wates. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Edisi 2 Tahun ke IV Januari 2015.

Wiyani, N. A. (2013). Konsep, Praktik, & Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 63 Tahun 2014 Tentang Pendidikan Kepramukaan.

Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-09-10

How to Cite

Nur Fadlan, Hanafiah, M. Wahib MH, Achmad Sudrajat, and Samiyono. 2023. “Pelaksanaan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Pada Madrasah Tsanawiyah Darunnajah - Jakarta)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1136-44. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.586.

Issue

Section

Articles