Implementasi Standar Penilaian SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung

Authors

  • Agus Hermawan SDN Cijagra 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung
  • Drajat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Usep Setiawan STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Hanafiah Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Sri Handayani Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.423

Keywords:

Pelaksanaan Standar Penilaian, Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran bagaimana implementasi dari penilaian pendidikan yang disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi, observasi, dan wawancara. Subjek penelitian yang dijadikan sebagai sumber data adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan siswa yang ada di SMPN I Cangkuang. Metode penelitian menggunakan kuaitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan implementasi standar penilaian yang dilakukan, diketahui implementasi standar proses pada aspek perencanan pembelajaran, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan termasuk dalam kategori sangat efektif. Lebih lanjut diketahui bahwa implementasi standar di sekolah didukung oleh lingkungan kelas yang kondusif, peserta didik kooperatif, dan peran kepala sekolah. Inovasi media pembelajaran, proses memotivasi peserta didik, perolehan informasi baru tentang materi tambahan, dan pengidentifikasian kemampuan peserta didik merupakan faktor yang menghambat pelaksanaan standar proses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S, 1993, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta Jakarta

Angghi Dwi Putri Pratiwi. (2017). Analisis pemasalahan dalam penilaian pembelajaran di sekolah, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol. 2 No. 1 Th. Jan-Des 2017, Tanggal 16 September 2017, FKIP Universitas Muhammadiyah Palembang.

Dirman dan Cicih Juarsih. (2014). Teori Belajar dan Prinsip-prinsp Pembelajaran yang mendidik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hari Setiadi, (2016). Pelaksanaan penilaian pada kurikulum 2013, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume 20, No 2, Desember 2016 (166-178).

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Sudjana, Nana (2017). Penilaian hasil proses belajar mengajar, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung

Usman, H. (2014). Manajeman: teori, praktik, dan riset pendidikan (4th ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Yulianto Kadji, (2015), Formulasi dan implementasi kebijakan publik (kepemimpinan dan perilaku birokrasi dalam fakta dan realitas), UNG Press, Gorontalo.

Published

2023-03-30

How to Cite

Agus Hermawan, Drajat, Usep Setiawan, Hanafiah, and Sri Handayani. 2023. “Implementasi Standar Penilaian SMP Negeri 1 Cangkuang Kabupaten Bandung”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):296-301. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.423.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)