Implementasi Manajemen Tata Kelola Organisasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Pendidikan (Studi Kasus di STIKes RS Dustira Kota Cimahi Jawa Barat)

Authors

  • Usep Setiawan STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Eddy Suharyanto STIKes RS. Dustira Kota Cihami
  • Drajat SMPN 1 Cangkuang Bandung
  • Agus Hermawan SDN Cijagra 2 Kec. Bojongsoang Kab. Bandung
  • H.R. Supyan Sauri Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.585

Keywords:

Manajemen, Organisasi, Kepuasan Layanan Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen tata kelola organisasi layanan pendidikan, mengetahui perencanaan implementasi manajemen tata kelola organisasi layanan pendidikan, implementasi manajemen tata Kelola organisasi layanan pendidikan, dan mengetahui pengawasan implementasi manajemen tata Kelola organisasi layanan pendidikan di STIKes RS Dustira Kota Cimahi Jawa Barat. Peneliti memilih pendekatan kualitatif karena penelitian ini dilakukan secara terus menerus, utuh, total dan mendalam terhadap isu-isu kritis untuk menggali informasi yang relevan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriftif kualitatif yaitu penggambaran atau pemberian makna secara sistematis, faktual dan akurat mengenai data. Dari hasil penelitian ini dapat disimpukan bahwa implementasi manajemen tata kelola organisasi layanan pendidikan di STIKes RS Dustira Kota Cimahi, Jawa Barat, berjalan sesuai ekpektasi yang diharapakan. Dalam hal perencanaan manajemen tata Kelola organisasi layanan pendidikan ini terlihat dari dokumen yang kami dapatkan, perencaan tidak jauh dari yang ada, atau bisa dikatakan berjalan baik pula. Sementara dalam konteks manajemen tata kelola organisasi layanan pendidikan dapat di ilustrasikan bahwa berjalananya sebuah organisasi dalam layanan tidak akan berjalan dengan baik tanpa manajemen, dari hasil pengamatan penulis pada penelitian ini manajemen tata Kelola yang terdapat pada embaga tersebut terlihat rapih dan terdokumentasikan dengan baik walau terbilang Lembaga yang baru lahir. Serta pengawasan manajemen tata kelola organisasi layanan pendidikan di STIKes RS Dustira Kota Cimahi pun sesuai yang diharapan baik secara kelembagaan dan masyarakat sebagai pengguna layanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

George R.Terry (1986). Azas‐azas Management, Alumni, Bandung.

Koentjaraningrat. (2008). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.

Glickman D Cral. 2017. Supervisi and Instructional Leadership a Developmental Approach, America: printed in the united.

Mardalis, D. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara .

Miles MB, H. A. (2009). Analisis Data Kualitatif, Buku Sumber Tentang MetodeMetode Baru . Jakarta: UI Press.

Moleong, J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2003). Managemen Berbasis Sekolah. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya

Suyanto, B. (2007). Metode Penelitian Sosial Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Syaefulloh, Didik Himmawan, Sofyan Sauri, & Ujang Cepi Barlian. (2023). Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Melalui Penjaminan Mutu Interal Perguruan Tinggi. Manajia: Journal of Education and Management, 1(1), 9–19. Retrieved from https://manajia.my.id/index.php/i/article/view/2

Downloads

Published

2023-09-05

How to Cite

Usep Setiawan, Eddy Suharyanto, Drajat, Agus Hermawan, and H.R. Supyan Sauri. 2023. “Implementasi Manajemen Tata Kelola Organisasi Dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Pendidikan (Studi Kasus Di STIKes RS Dustira Kota Cimahi Jawa Barat)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1037-45. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.585.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)