Pendidikan Literasi Keuangan Sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Finansial Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Dyah Wulandari STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Nurul Fauziah STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Usep Setiawan STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • M.S. Ridwanulloh STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta
  • Solihah Bagus STAI DR. KH. EZ. Muttaqien Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.891

Keywords:

Kecerdasan Finansial, Pendidikan Literasi Keuangan, Anak Sekolah Dasar

Abstract

Literasi finansial adalah salah satu literasi dasar yang harus dimiliki peserta didik. Namun Indonesia termasuk salah satu negara berkembang yang tingkat pengetahuan literasi finansialnya tergolong rendah. Selain rendahnya pemahaman orangtua dalam memahami urgensi pendidikan literasi keuangan, sebagian orangtua masih menganggap bahwa anak-anak tidak perlu memahami tata cara pengelolaan uang. Hal ini menyebabkan anak tumbuh menjadi pribadi yang konsumtif, boros atau tidak memiliki kemampuan dalam mengelola uang. Padahal kecerdasan finansial menjadi kecerdasan yang dibutuhkan untuk menghadapi kehidupan dunia global agar mampu bersaing dan bersanding dengan bangsa lain dalam menciptakan kesejahteraan. Mengingat pentingnya kecerdasan finansial, pendidikan literasi keuangan harus mulai diajarkan dan dilatih sejak dini. Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan finansial anak, diantaranya dengan melaksanakan pendidikan literasi keuangan sebagai upaya membangun kesadaran berperilaku bijak dalam pengelolaan keuangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elyta, R., & Mutia, R. (2020). Kecil-Kecil Jago Finansial: Mendidikan Generasi Cerdas Finansial Sejak Dini. LAKSANA.

Goleman, D. (2000). Kecerdasan emosional. Gramedia Pustaka Utama.

Hikmah, Y. (2020). Literasi keuangan pada siswa sekolah dasar di kota Depok, provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103–108.

Kebudayaan, K. P. dan, & Masyarakat, D. J. P. A. U. D. dan P. (2017). PENGEMBANGAN KECERDASAN FINANSIAL ANAK dengan Aktivitas Gemar Menabung dan Berhemat Sejak Dini.

Laila, V., Hadi, S., & Subanji, S. (2019). Pelaksanaan pendidikan literasi finansial pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1491–1495.

Prajitno, S. B. (2013). Metodologi penelitian kuantitatif. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.(Tersedia Di Http://Komunikasi. Uinsgd. Ac. Id).

Setia Mulyawan, S. (2015). Manajemen keuangan. Pustaka Setia.

Downloads

Published

2024-06-24

How to Cite

Dyah Wulandari, Nurul Fauziah, Usep Setiawan, M.S. Ridwanulloh, and Solihah Bagus. 2024. “Pendidikan Literasi Keuangan Sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Finansial Pada Anak Sekolah Dasar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):863-69. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.891.

Issue

Section

Articles