Isu-Isu Kontemporer dalam Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1124Keywords:
Isu-isu Kontemporer, Pendidikan Islam, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Isu Isu Kontemporer Dalam Pendidikan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dengan cara mengeksplor data melalui review literatur, membaca, mengkaji, dan mencatat data dari berbagai sumber artikel, jurnal dan buku yang relevan. Adapun hasil dari penelitan menunjukkan bahwa Pendidikan islam kontemporer adalah kegiatan yang dilaksanakan secara terencana dan sistematis untuk mengembangkan potensi siswa berdasarkan pada kaidah-kaidah agama islam pada masa sekarang. Dan dengan berkembangnya zaman dan semakin majunya teknologi maka terdapat perubahan yang terjadi salah satunya perubahan kurikulum dalam pembelajaran.
Downloads
References
Arifin, M. (2003). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Chasanumar, M. A. (1992). Al Qur'an dan Perkembangan Nasional. Pekalongan: CV. Bahagia.
dkk, M. (2005). Pengembangan kurikulum berbasis kompetensi di perguruan tinggi agama islam. Yogyakarta : Pustaka pelajar.
Evanirosa. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (library research). Bandung: Media Sains Indoneisa.
Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2008). Dasar-dasar pengembangan kurikulum . Bandung : Remaja Rosdakarya.
Hidayat, N. (2012). Isu isu Kontemporer Pendidikan Islam tentang Madrasah dan Tantangan Global. Al-Bidayah .
Khoirurrijal, F. d. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Masykur, R. (2019). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Lampung: Aura.
Muhaimin. (2008). Pengembangan Model Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) pada sekolah dan Madrasah . Jakarta: Rajawali pers.
Mujtahid. (2011). Kurikulum Pendidikan Agama Islam.
Mulyasa. (2009). Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muvid, M. B. (2020). Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Hasan Langgulang dan Zakiah Darajat. Zawiyah : Jurnal Pemikiran Islam 6 .
Nasution. (1994). Teknologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Nuryana, Z. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal tamaddun.
Purwanto, N. (1998). Ilmu Pendidikan Teoritis & Praktis. Bandung: CV Remaja Karya.
Raharjo, R. (2010). Dasar-dasar pengembangan kurikulum. Yogyakarta : Magnum Pustaka.
Rahman, A. (2015). Pengembangan kurikulum teori dan praktik. Semarang: CV Karya Abadi Jaya.
Sagala, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sholeh, S. (2020). isu isu kontemporer pembaharuan pendidikan islam. jurnal wahana karya ilmiah .
Subandiyah. (1993). Pengembangan dan Inovasi kurikulum. Jakarta: Grafindo Persada.
Surya, M. (2006). Percikan Perjuangan guru menuju Guru Profrsiona, Sejahtera dan Terlindungi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.
Tohirin. (2005). Psikologi pembelajaran pendidikan agama islam (berbasis integrasi dan kompetensi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zaini, M. (2009). pengembangan kurikulum konsep implementasi evaluasi dan inovasi. Yogyakarta: Teras.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nabila Joti Larasati, Zulhijrah, Sedya Santosa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.